Ilustrasi perawatan kulit wajah. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARANBARU.ID)- Erum Ilyas, MD seorang dokter kulit bersertifikat Montgomery Dermatology di King of Prussia, Pennsylvania mengatakan bahwa merawat kulit saya adalah salah satu langkah pertama dalam rutinitas perawatan dirinya.

Ya, dia seorang dokter kulit, jadi tentu saja dia fokus pada kulit, tapi ada alasan bagus untuk perhatian kulit.

“Kenyataannya adalah bahwa kulit kita dalam banyak hal adalah ‘lampu periksa mesin’ untuk kesehatan internal kita. Ketika kulit terlihat dan terasa baik, kita cenderung merasa lebih baik tentang diri kita sendiri, ”katanya, Seperti dilansir Suara.com.

Baca Juga: Dokter Ingatkan Pentingnya Kebutuhan Kalsium Bagi Penikmat Kopi

Dikutip dari everydayhealth.com, berikut lima alasan kuat mengapa menjaga rutinitas perawatan kulit baik untuk kesehatan mental Anda.

1. Rutinitas Perawatan Kulit Memberikan Stabilitas di Hari Anda Yang Bermanfaat bagi Kesehatan Mental Anda

“Salah satu hal besar yang kami alami saat ini adalah transisi dari keluar dan akan pulang sepanjang waktu. Apa yang terjadi selama perubahan itu adalah Anda kehilangan struktur dan rutinitas hari Anda.

Rutinitas itu termasuk kebiasaan makan yang sehat , olahraga , jurnal , dan perawatan kulit,” kata Matt Traube , psikoterapis klinis berlisensi dan psikodermatologis di Santa Barbara, California.

Baca Juga: Lima Manfaat Bambu Kuning Bagi Kesehatan

Rutinitas itu sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, baik dalam tubuh maupun pikiran. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada Juni 2018 di Lancet Psychiatry , para peneliti menemukan bahwa orang yang memiliki rutinitas yang kurang konsisten sepanjang bagian aktif hari mereka lebih mungkin menderita depresi berat, dan gangguan bipolar , masalah mood, kesepian, dan kurang bahagia.

Rutinitas ini terasa menyenangkan dan bertindak sebagai kekuatan yang menghibur dalam hidup Anda, menyediakan jangkar untuk hari Anda dan berfungsi sebagai titik stabilitas dalam minggu Anda, kata Traube.

Dalam skala kecil, Anda bahkan mungkin merasa telah mencapai sesuatu. “Saya pikir terutama sekarang, karena Covid-19 , sangat penting untuk mempertahankan beberapa rutinitas selama seminggu, jika tidak, suatu hari mulai berbaur dengan hari lainnya. Sekarang, khususnya, adalah waktu yang fantastis untuk memetik manfaat dari kebiasaan ini,” katanya.

Baca Juga: Empat Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan

2. Berfokus pada Melakukan Sesuatu yang Baik untuk Diri Sendiri Membantu Menghentikan Spiral Kekhawatiran

Anda mungkin menemukan bahwa waktu-waktu tertentu dalam sehari dapat memicu pikiran yang mengganggu, tetapi Anda dapat mematahkan pikiran negatif dengan perawatan diri.

“Pasien yang mengalami kecemasan dan depresi sering melaporkan bahwa kondisinya memburuk 30 menit hingga satu jam sebelum tidur. Inilah saat mereka memiliki lebih banyak waktu menganggur, yang meningkatkan kekhawatiran bagi banyak orang,” kata Traube.

Saat Anda terlibat dalam suatu aktivitas, termasuk mencuci, mengencangkan, dan melembabkan wajah Anda, Anda bisa keluar dari pikiran dan fokus pada apa yang Anda lakukan.

Bca Juga: Tiga Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Tubuh

Ini berlaku untuk aktivitas apa pun yang membuat Anda sibuk, seperti mengerjakan proyek baru, memasak makan malam, atau mengajak anjing Anda berjalan-jalan di sekitar lingkungan.

3. Memanjakan Kulit Secara Teratur Memicu Aliran Bahan Kimia di Otak Anda untuk Meningkatkan Mood Anda

Buat rutinitas yang terasa menyenangkan dan termasuk produk yang Anda sukai. Misalnya, jangan meremehkan dampak dari memijat lembut kulit dengan waslap hangat untuk membersihkan, meluangkan waktu ekstra untuk menghaluskan pelembab yang lembut di wajah Anda, atau mengoleskan masker .

Anda bahkan dapat mengubah ini menjadi acara malam seperti Melanie Moreno, kepala estetika di Mario Tricoci di Chicago, mengatakan:

Baca Juga: Ini Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

“Merawat kulit saya selama karantina pasti memberi saya sesuatu yang dinanti-nantikan. Orang penting saya dan saya suka mengatur suasana hati ketika kami melakukan perawatan wajah di rumah dengan menyalakan lilin, minum segelas anggur, dan memainkan lagu-lagu santai sambil membiarkan topeng kami terpasang, ”katanya.

4. Perawatan Kulit Memberikan Kesempatan untuk Berikat dengan Orang Tercinta dan Itu Anugrah bagi Kesehatan Mental

Dr Ilyas telah melihat permainan ini dalam hidupnya juga. “Salah satu langkah kunci untuk proses ini akhir-akhir ini bagi saya adalah berbagi rutinitas ini dengan anak-anak remaja saya,” katanya.

“Saya menemukan bahwa saat ini, dengan interaksi sosial yang lebih sedikit, menghabiskan waktu perawatan diri saya dengan anak-anak saya jauh lebih efektif dalam mencapai tujuan akhir perawatan diri keseimbangan kesejahteraan fisik dan mental,” dia mengatakan.

Baca Juga: Lima Makanan yang Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Anda juga dapat menjadikan ini pengalaman yang menyenangkan bagi semua orang. Tidak perlu membeli kasing produk baru. Alih-alih, fokuslah pada yang sudah Anda miliki di rumah yang Anda cintai.

Anda dapat mencari beberapa bahan ramah kulit di dapur Anda untuk masker DIY, seperti minyak kelapa , alpukat tumbuk , atau kompres susu dan mengubahnya menjadi acara yang menyenangkan dan mengikat.

5. Merawat Kulit Anda Adalah Tindakan Kebaikan yang Mengirimkan Pesan yang Kuat

Saat ini, dunia adalah tempat yang penuh tekanan. Jadi, Anda mungkin tergoda untuk menonton TV hingga larut malam dan kemudian berguling ke tempat tidur tanpa terlalu banyak menyiram wajah Anda dengan air, Anda terlalu lelah.

Baca Juga: Tujuh Manfaat Singkong Bagi Kesehatan Tubuh

Tetapi bagaimana jika, sebaliknya, Anda fokus merawat diri sendiri dengan cara kecil ini. Dengan menghabiskan lima menit ekstra untuk merawat kulit Anda, Anda mengirim pesan: “Saya berharga,” kata Traube.

Ini mirip dengan manfaat yang mungkin Anda dapatkan saat mengoleskan lapisan maskara di pagi hari, mengoleskan warna pada pipi Anda untuk membuatnya menonjol, atau menghaluskan pelembap berwarna yang membuat kulit Anda bercahaya.

Apa yang mungkin menjadi salah satu langkah yang lebih berdampak adalah menemukan pelembab yang benar-benar Anda sukai.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Lutut di Masa Lansia

(Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan: Apakah terasa enak di kulit Anda? Apakah baunya menyenangkan? Apakah kulit Anda terasa nyaman setelahnya?)

“Pelembab berfungsi untuk meningkatkan tampilan dan penampilan kulit secara keseluruhan, sekaligus memulihkan dan mempertahankan fungsi kulit. sebagai pembatas lingkungan. Ini juga membantu meningkatkan sirkulasi ke kulit, yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan umum Anda, ”kata Ilyas.

Mengapa perawatan diri termasuk untuk kulit Anda sangat penting??

Ada banyak cara untuk mempraktikkan perawatan diri, tetapi memfokuskan upaya Anda untuk meningkatkan kesehatan kulit juga bermanfaat bagi kesehatan mental dan emosional Anda dan itu sangat penting di masa Covid-19.

Baca Juga: Empat Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh

“Saya menemukan bahwa ada korelasi langsung antara rutinitas perawatan kulit saya dan suasana hati saya,” kata Moreno.

“Meluangkan waktu untuk merawat kulit saya mempengaruhi pikiran dan tubuh saya. Ini meningkatkan kepercayaan diri saya dan memberi saya kendali atas bagaimana hari saya akan berjalan.”

Claudia