blank
ilustrasi Bambu Kuning. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Akhir-akhir ini keberadaan pepohonan tidak lagi sebatas pelengkap keindahan, namun juga berfungsi sebagai penjaga keseimbangan alam, sehingga mampu memberikan kesejukan dan memperbanyak oksigen.

Salah satu pepohonan yang dapat dijadikan properti tanaman hias adalah bambu kuning. Sebagai tanaman hias, bambu kuning juga berguna sebagai tanaman antipolutan, artinya penyedot udara kotor di sekitar kita.

Penampilan dari bambu kuning ini sangatlah cantik. Batangnya berwarna kuning, teksturnya halus, dan warna batang kontras dengan warna daun yang berwarna hijau terang. Tidak seperti bambu yang lain, bambu kuning berbatang lurus.

Baca Juga: Empat Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan

Oleh karena itu, bambu ini dapat dijadikan sebagai pembatas taman yang menarik. Ketinggian bambu ini bisa mencapai 3 meter. Jika dirasa terlalu tinggi, cukup pangkas bagian paling atas, maka bambu pun tetap tumbuh rapi seperti sebuah pagar.

Dilansir dari Suara.com, selain sebagai tanaman hias dan pagar taman, bambu kuning juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam pembuatan produk kosmetik dan obat-obatan.

Berikut lima manfaat bambu kuning bagi kesehatan sebagaimana yang disadur dari buku Tanaman-tanaman Hias Ajaib karya Yusef N. Jatmika.

Baca Juga: Ini Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

1. Obat penyakit lever dan asam urat

Zat flavonoid yang terdapat pada bambu kuning ini dapat mengobati penyakit lever. Ahli pengobatan Cina yang kini tinggal di Jawa Barat, Sinse Mochammad Yusuf mengatakan bahwa daun bambu kuning dapat digunakan untuk obat pereda asam urat.

Dengan sering mengonsumsi daun bambu kuning, kadar asam yang terdapat dalam tubuh akan menurun, karena kandungan zat pada daun bambu kuning mengandung flavon.

2. Mengatasi keputihan

Air yang dihasilkan dari bambu kuning ini mengandung mineral dan oksigen yang berkadar tinggi, sehingga sangat membantu kaum wanita dalam mengatasi masalah keputihan.

Baca Juga: Apa Manfaat Memaafkan Orang Lain?

3. Pereda batuk

Dalam buku Ming Yi Bie Lu (Catatan Dokter Ternama), disebutkan bahwa salah satu kegunaan daun bambu kuning adalah untuk menghilangkan dahak, meredakan batuk dan mengatasi sesak napas. Manfaat lainnya adalah menetralkan racun pada tubuh.

4. Penghilang kolesterol

Bambu kuning banyak menghasilkan air mineral, sehingga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan alternatif penghilang kolesterol dan lemak pada tubuh.

5. Makanan vegetarian

Di samping dapat dijadikan tanaman hias, bambu kuning juga banyak digunakan oleh masyarakat sebagai makanan tambahan, semisal rebungnya yang sering dibikin sayuran segar.

Demikian lima manfaat dari tanaman bambu kuning bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Claudia