blank
Ilustrasi saling memaafkan. Foto: sehatq.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Setiap manusia di dunia ini tidak ada yang sempurna. Manusia tentu sering berbuat kesalahan baik yang disengaja atau tak disengaja.

Namun jika ada orang yang berbuat kesalahan, penting sekali untuk dimaafkan. Begitupun jika kita yang berbuat salah harus meminta maaf. Dan hal itu yang harusnya dilakukan oleh setiap manusia.

Apa sih sebenarnya manfaat memaafkan orang lain itu. Dilansir dari Suara.com, ada 3 manfaat memaafkan yang harus kamu tahu.

Pertama, terjadinya perdamaian diantara kalian. Manfaat pertama adalah terjadinya perdamaian diantara kalian. Kamu harus mengetahui bahwa memaafkan teman atau orang lain maka kamu mencintai perdamaian. Kamu dan dia tidak akan bertengkar lagi karena kalian sudah saling memaafkan.

Karena itu, setiap orang harus melakukan hal tersebut yaitu memaafkan orang lain yang berbuat kesalahan. Tidak ada ruginya memaafkan karena dampaknya adalah sebuah kebaikan dalam kehidupan.

Kedua, tidak ada dendam. Manfaat kamu memaafkan orang lain adalah tidak menimbulkan dendam diantara kalian. Kalau kamu tidak memaafkan orang yang tulus meminta maaf padamu maka itu bisa berbuah dendam.

Kalau seseorang sudah dendam maka hal itu akan memperburuk kondisimu kedepannya. Orang lain akan terus mengincarmu bahkan akan mungkin untuk melukaimu. Karena itu, maafkanlah orang yang telah tulus meminta maaf padamu.

Ketiga, pahalamu besar. Manfaat terakhir adalah pahalamu besar. Ketika kita mau memaafkan maka kita sudah menjalankan perintah dari agama untuk memaafkan mereka yang telah berbuat salah pada kita.

Patut kita akui bahwa sudah sewajarnya setiap orang untuk mau memaafkan mereka yang telah berbuat salah. Apalagi dengan tulus meminta maaf untuk kita. Semoga saja hal tersebut bisa kita terus taburkan dalam kehidupan.

Dengan demikian, sudah seharusnya kita mau saling memaafkan. Semoga kita menjadi orang yang bisa saling memaafkan.

Ning