blank
PMR Wira, KSR, sukarelawan PMI Kebumen bersama pengurus jalan sehat memperingati Hari Palang Merah Internasional 2022.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARA BARU.ID) – Memperingati Hari Palang Merah Internasional ke-163, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen menggelar parade jalan santai dilanjutkan silaturahmi, Minggu (8/5) 2022

Kegiatan diawali apel pemberangkatan di halaman Markas PMI Pukul 08.00, rombongan parade dilepas secara langsung oleh Wakil Ketua PMI Kebumen Salim Wazdy dan Sekretaris PMI Muhsinun.

Jalan sehat diikuti sejumlah anggota PMI Kecamatan, sukarelawan dari berbagai elemen seperti KSR, TSR, SIBAT, FORPIS, Forum Pembina PMR, dan Anggota PMR Wira.

“Kita awali parade jalan santai peringatan Hari Palang Merah Internasional 8 Mei pagi hari ini dengan pengangkatan tongkat bendera palang merah tetap hati-hati di jalan ikuti patwal dari petugas,”ujar Salim Wazdy.

blank
Sukarelawan PMIImengikuti silaturahmi di Markas PMI Kebumen.(Foto:SB/Komper Wardopo)

Parade jalan sehat aktivis PMI Kebumen melalaui sejumlah jalan protokol itu mendapat pegawalan penuh patroli Satlantas Polres Kebumen, Satpol PP, Orari dan Pramuka.

Para peserta parade pun antusias mengarak bendera merah putih dan palang merah internasional yang dimulai dari Markas PMI, dengan rute menuju Tugu Lawet-Jl Soekarno Hatta (depan Pasar Tumenggungan)– Jl Merdeka-Alun-alun kota Kebumen dan kembali ke Markas PMI.

Silaturahmi Lintas Generasi

Rangkaian parade jalan sehat diisi orasi pengenalan Hari Palang Merah Internasional dan pelayanan sosial PMI Kabupaten Kebumen. Peserta parade turut membagikan masker dan handsanitizer di sepanjang jalan, mampu menarik simpatik masyarakat.

Menurut Keterangan Humas PMI Kebumen Pipiet Mahardi, usai parade jalan santai dilanjutkan acara halal bihalal keluarga besar PMI Kebumen dan ditutup dengan makan siang bersama.

blank
Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto memberi sambutan pada silaturahmi di Markas PMI.(Foto:SB/Komper Wardopo)

Silaturahmi di Markas PMI berlangsung gayeng dihadiri Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto dan segenap pengurus,,mantan Ketua PMI Kebumen 2013-2018 Komper Wardopo, pengurus PMI kecamatan, segenap sukarelawan PMI lintas generasi dan diisi tausiyah oleh Wakil Ketua PMI Salim Wasdy.

Ketua PMI Sabar Irianto berharap melalui silaturahmi bisa menjalin kekeluargaan dan hubungan sosial semua elemen kemanusiaan. Pihaknya juga semakin mendorong penguatan peran pengurus PMI kecamatan sebagai garda depan dalam penanggulangan bencana dan aksi sosial kemanusiaan.

Sedangkan Salim Wasdy yang juga Kasi Bimas Islam Kemenag Kebumen dalam ceramah hikmah silaturahmi mengajak segenap kader PMI, baik pengurus, staf dan sukarelawan bersatu padu dan tetap siap siaga menjalankan misi kemanusiaan.

Salim pun menyitir Sabda Rasulullah agar semua aktivis PMI menghormati jasa dan peran pendahulu. Sebab para aktivis PMI terdahulu telah banyak menanam jasa demi kemajuan PMI Kebumen. Sebaliknya para kader PMI senior harus menyayangi yunior dan menyiapkan kaderisasi di bidang kemanusiaan.

Komper Wardopo