blank
Personel TNI bersama Anggota Polisi dan Relawan dari Tim SAR, proaktif melakukan pengamanan Objek Wisata Bahari Pantai Selatan Paranggupito Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Personel TNI bersama anggota Polisi dari Polsek Paranggupito, Wonogiri, proaktif mengamankan objek wisata bahari Pantai Selatan Paranggupito. Meliputi sepanjang Pantai Sembukan dan Pantai Nampu.

Tujuannya, untuk menciptakan situasi dan kondisi pelancongan yang aman, nyaman dan terjatuhkan dari insiden maupun kecelakaan laut yang tidak diinginkan. Utamanya pada para wisatawan yang memanfaatkan libur Lebaran Idul Fitri 1443 H.

Demikian dikemukakan Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto dan Kapolsek Paranggupito Iptu Susanta, melalui Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo dan Kasubsi Penmas Humas Polres Aiptu Iwan Sumarsono.

Personel yang melakukan pengamanan, terdiri atas dua anggota Polsek, satu prajurit TNI dari Koramil dan dua relawan anggota Tim Search And Rescue (SAR) Kecamatan Paranggupito.

Tim gabungan ini, saat melakukan patroli pantai selalu mengimbau para pengunjung untuk waspada dan berhati-hati saat bermain air laut di pantai. Waspadai bila sewaktu-waktu datang gelombang air laut yang meninggi.

Patuhi Prokes

Juga harus selalu mematuhi protokol (Prokes) pencegahan Covid-19. Yakni jangan lupa untuk memakai masker dan menghindarkan kerumunan, karena pandemi wabah virus corona belum juga berakhir.

blank
Kepala Disparpora Kabupaten Wonogiri, Haryanto (tengah), menyampaikan sambutan saat digelarnya ritual Andum Kupat Lebaran Idul Fitri 1443 H di Waduk Gajahmungkur Wonogiri.

Hari Minggu (8/5), Pantai Sembukan Paranggupito didatangi 375 pelancong, dengan jumlah sepeda motor sebanyak 100 unit dan mobil 70 unit. Di Pantai Nampu Paranggupito, dikunjungi 1.700 pelancong, dengan jumlah sepeda motor sebanyak 600 unit dan kendaraan roda empat 500 unit.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Disparpora) Kabupaten Wonogiri, Haryanto, Senin (9/5), menyatakan, jumlah pelancong Lebaran Idul Fitri 1443 H yang ke Pantai Sembukan Paranggupito totalnya sebanyak 3.709 orang.

Yang ke Objek Wisata Kahyangan Tirtomoyo sebanyak 670 orang, ke Goa Putri Kencana Pracimantoro (71 orang), Ke Museum Karst Pracimantoro (2.203 orang) dan ke Waduk Gajahmungkur (43.426 orang).

Disparpora Kabupaten Wonogiri, tidak mendata pelancong Lebaran Idul Fitri 1443 H yang ke Pantai Nampu Kecamatan Paranggupito, karena pengelolaannya dilakukan oleh pihak Desa Gunturharjo.

Bambang Pur