blank
Ilustrasi Yoga. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Siapa yang tidak mengenal olahraga yoga? Olahraga yang cukup diminati beberapa tahun belakangan.

Yoga merupakan sebuah aktivitas fisik yang menggabungkan antara latihan pernapasan, juga meditasi, yang kemudian lewat gerakannya dirancang sedemikian rupa untuk memberikan efek relaksasi pada tubuh.

Dilansir dari Suara.com, tidak hanya memberikan relaksasi pada tubuh, yoga juga mempunyai banyak manfaat lainnya bagi tubuh yang barang kali belum kita ketahui.

Baca Juga: Kalbe Kenalkan Maag Meter, Ukur Kesehatan Lambung

Melansir dari Alodokter, berikut beberapa manfaat yoga bagi kesehatan. Simak baik-baik, ya.

1. Dapat membantu mengatasi stres

Ada beberapa jenis olahraga yang dapat membantu kita mengatasi stres. Salah satunya ialah yoga. Saat melakukan kegiatan yoga, produksi hormon kortisol (yang biasanya diproduksi saat tubuh stres) akan berkurang.

Selain itu, ada studi yang menunjukkan antara keterkaitan yoga dengan kesejahteraan kita. Di dalam studi tersebut, dibahas bila yoga ternyata dapat membantu mengurangi rasa stres, gelisah, serta dapat membantu kita untuk memperbaiki suasana hati yang buruk.

Tidak sampai di situ, yoga juga dapat bermanfaat bagi kita yang mengalami gangguan kecemasan dan gangguan tidur.

Baca Juga: Ini Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

2. Membantu meningkatkan aliran darah dan melemaskan pembuluh darah

Yoga cocok dilakukan bagi kita yang memiliki risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung ataupun tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan, yoga dapat membantu meningkatkan aliran darah, juga melemaskan pembuluh darah sehingga dapat membantu untuk meringankan beban kerja jantung.

Ada pula studi yang menunjukkan bila latihan yoga baik untuk pasien yang mengalami gagal jantung, di samping pengobatan medis.

Sebab, latihan yoga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, berlatih yoga ternyata juga dapat meningkatkan kualitas hidup, dibanding pasien yang tidak berlatih yoga dengan rutin.

Baca Juga: Benarkah Mengurangi Rokok Dapat Menjaga Kesehatan Mulut?

3. Membantu meringankan gejala asma

Beberapa gerakan di dalam yoga berhubungan dengan pernapasan. Maka dari itu, menurut sebuah studi yang telah dilakukan terhadap penderita asma ringan hingga penderita asma sedang, gerakan pernapasan di dalam yoga ini dapat membantu kita meringankan gejala asma.

Walau begitu, manfaat yoga yang satu ini belum efektif dalam membantu menangani penyakit asma dibanding dengan pengobatan asma secara konvensional.

Tidak hanya sampai di situ, yoga juga dapat membuat tubuh kita lebih bugar, menambah kelenturan tubuh, hingga dipercaya dapat meringankan gejala migrain, nyeri, dan membantu kita mengatasi sulit tidur atau insomnia.

Itulah manfaat-manfaat yoga yang jarang kita ketahui. Adakah yang ingin mencoba berlatih yoga demi kesehatan?

Claudia