blank
Donor darah memeriahkan HUT Ke-72 Humas Polri di Mapolres Kebumen Senin 2/10.(Foto:SB/Humas Polres Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID)– Memeriahkan rangkaian HUT Ke-72 Humas Polri, Polres Kebumen menggelar kegiatan donor darah.

Donor dilaksanakan di Mapolres Kebumen dengan menggandeng PMI Kabupaten Kebumen, Senin (2/10).

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasi Humas Polres AKP Heru Sanyoto mengungkapkan, sedikitnya 41 personel mendaftarkan diri pada kesempatan itu.

“Dari 41 personel yang mendaftar, setelah dilakukan skrining, 25 personel bisa diambil darahnya,”jelas AKP Heru.

blank
Personil Polres Kebumen ikut donor darah pada HUT Ke-72 Humas Polri, Senin 2/10 (Foto:SB/Humas Polres Kbm).

Menurut AKP Heru, sebelumnya Polres Kebumen juga telah melakukan donor darah saat kegiatan Hari Lalu-lintas Bhayangkara sehingga banyak dari pendaftar belum bisa dilakukan pengambilan darah.

Agustina Dwi Ratnawati, staf unit donor darah PMI Kabupaten Kebumen mengungkapkan, pihaknya sempat mengalami krisis stok darah, setelah Idul Fitri beberapa bulan lalu.

Namun saat ini stok darah di PMI Kebumen bisa diktategorikan melimpah untuk para pasien di rumah sakit yang membutuhkan.

“Stok darah cukup, dibandingkan beberapa bulan yang lalu. Karena mungkin permintaan berkurang, dan pendonor jumlahnya banyak,” terang Agustina.

Menurut Agustina, saat PMI Kebumen mengalami krisis stok darah, pihaknya pernah meminta bantuan keluarga pasien untuk ikut mencari pendonor pengganti.

Dengan adanya aksi donor darah di Polres Kebumen sangat membantu PMI dalam memenuhi stok jumlah darah. Agustina berharap, masyarakat memiliki antusiasme mendonorkan darah karena menyehatkan bagi yang melakukan.

“Kebumen untuk pendonor termasuk banyak dan aktif serta rutin. Donor darah menyehatkan juga. Jadi ini perlu diketahui masyarakat, bahwa banyak manfaat jika rutin melakukan donor darah, seperti cek kesehatan serta setetes dasah bisa menolong sesama,”pungkasnya.

Komper Wardopo