blank
LaporGub!. Foto: tangkapan layar pemprov jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pengamat kebijakan publik Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Prof Dr Kumorotomo mengatakan, LaporGub! sebagai terobosan yang bagus, untuk menampung aspirasi dan keluhan warga di Jawa Tengah secara langsung.

Laporgub, sistem yang diciptakan Ganjar Pranowo selama memimpin Jateng itu, dinilai efektif untuk menampung dan mengatasi persoalan yang dilaporkan masyarakat kepada gubernur, sebagai pimpinan tertinggi pemerintahan di tingkat provinsi.

”LaporGub! bagus, sebagai upaya untuk menampung aspirasi dan keluhan warga di Jateng secara langsung,” kata Prof Kumoro, Jumat (22/9/2023) lalu.

BACA JUGA: Bahasa Isyarat Jadi Materi Pelajaran di Sekolah, Kapan?

Dia menekankan, laporan masyarakat harus ditindaklanjuti secara cepat dan tepat. Selain itu, yang harus ditekankan pada sistem LaporGub! adalah, melacak kebenaran laporan yang dilayangkan masyarakat, tanggapan serius dari gubernur, serta ditindaklanjuti secara cepat oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Program LaporGub! memang disiapkan untuk menindaklanjuti aduan secara cepat dan tepat. Prof Kumoro bahkan menganggap, penggagasnya, Ganjar Pranowo, konsisten menanggapi secara cepat laporan yang disampaikan masyarakat. Ganjar juga memastikan agar laporan atau keluhan masyarakat itu, ditindaklanjuti OPD terkait.

”Yang dimaksud “ditindaklanjuti” itu, sebagian besar bukan sekadar ditanggapi atau dijawab dengan waktu respon yang cepat. Namun yang lebih diperlukan adalah, upaya untuk menangani masalah yang diadukan, dilacak kebenarannya, ditanggapi secara serius, dan ditindaklanjuti melalui OPD yang relevan,” paparnya.

BACA JUGA: Setelah 20 Tahun, Pertama Kali SMPN 1 Kalinyamatan Peringati Hari Lahirnya

Disampaikan lebih lanjut, dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), kontak pemerintah dengan warga (government to citizens) sekarang ini, sangat mudah dilakukan.

”Tetapi apakah itu akan memperbaiki kualitas layanan pemerintah, masih bisa “Ya”. bisa juga “Tidak”. Kuncinya adalah ditindaklanjuti dengan langkah perbaikan yang nyata,” tegasnya.

Disebutkan dia, kanal aduan masyarakat semacam LaporGub!, saat ini banyak diterapkan di provinsi maupun kabupaten/kota di luar Jateng. Misalnya, di Jawa Barat, Kota Yogyakarta, Kota Bengkulu, dan daerah lainnya.

BACA JUGA: JOP, Arena Wisata Air Komplet di Tepi Pantai Mororejo Jepara

”Di Pemprov Jabar ada kanal aduan publik melalui Jabar Smart Province (JSP), di Pemkot Yogya ada Unit Pengaduan, Informasi, dan Keluhan (UPIK). Juga di banyak provinsi, kabupaten dan kota lainnya. Di kota Bengkulu, misalnya, Wali Kota dan Wakil Wali Kota menyebarkan nomor WA pribadinya,” ucap dia.

Diketahui, selama menjabat Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, berhasil mengubah mental masyarakat agar berani melapor, bila menemukan penyimpangan terkait dengan fasilitas dan pelayanan publik. Setiap tahun, jumlah warga yang melapor melalui LaporGub! terus bertambah.

Data GRMS menunjukkan, sejak 2014 hingga Juli 2023, aplikasi laporan pengaduan online LaporGub!, sudah menerima sebanyak 126.289 aduan. Laporan-laporan yang masuk kemudian direspon secara cepat, dan ditelusuri kebenarannya.

BACA JUGA: Tambak Udang di Karimunjawa,Prof. Dr. Ir. Sri Rejeki, M.Sc: Perusak Kawasan Konservasi Kejahatan Luar Biasa

Selanjutnya, Ganjar meminta OPD terkait untuk menyelesaikan persoalan yang telah dilaporkan masyarakat. Masyarakat yang melapor juga bisa melacak hingga sejauh mana laporannya telah ditindaklanjuti pihak-pihak terkait.

Gebrakan LaporGub! sudah dimulai sejak periode pertama pada 2013. Awalnya masih berbasis website. Dalam perjalanannya, Gubernur Ganjar terus mengembangkan LaporGub!, hingga bisa diakses multi-platform.

Misalnya via website, WhatsApp, SMS, Hotline, Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube. Pada versi LaporGub! V.2.0 yang terbaru, bahkan sudah dilengkapi kemampuan analisis memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI). Melalui terobosan ini, Pemprov Jateng bisa mengevaluasi kinerja masing-masing dinas.

BACA JUGA: Kyai dan Masyayeikh Jepara Kumpul di Pesantren At Taqi Welahan, Perkuat Kelembagaan MP3I

Ganjar berharap, LaporGub! bisa menjadi legacy yang bisa terus dimanfaatkan masyarakat Jateng.

Di sisi lain, pemerintah juga bisa menggunakannya untuk dasar pengambilan keputusan. Dengan LaporGub! segala aduan masyarakat ditindaklanjuti secara cepat, transparan, bisa dipantau, tuntas, dan rahasia. Penanganan laporan dilayani 24 jam penuh.

Riyan