blank
Ilustrasi makan malam. Foto: pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Merasa lapar merupakan isyarat alami tubuh membutuhkan banyak makanan. Saat lapar perut akan merasa keroncongan, sakit kepala, mudah marah atau tersinggung dan kurang fokus atau konsentrasi merupakan gejala yang dialami ketika seseorang merasa lapar.

Hal ini normal terjadi jika tubuh membutuhkan makanan lalu mengirimkan sinyal ke otak bahwa perut kosong dan perlu diberi makanan. Sinyal tersebut pun dikirim ke perut sehingga menimbulkan rasa lapar.

Penyebab cepat lapar sangat beragam, mulai dari kurang tidur, asupan gizi tidak seimbang, hingga penyakit tertentu. Salah satu penyebab dari rasa lapar pada malam hari adalah kebutuhan kalori yang tidak tercukupi. Lapar merupakan kondisi yang dirasakan oleh setiap orang ketika tubuh memerlukan asupan kalori, kondisi lapar umumnya terjadi pada setiap orang di waktu pagi dan siang hari.

Baca Juga: Dapat Menjaga Fungsi Organ Tubuh, Yuk Simak 5 Manfaat Hati Ampela

Lapar tengah malam bisa disebabkan oleh kebiasaan makan berlebihan sebelum tidur, begadang, atau olahraga berlebihan. Hal ini juga bisa dialami oleh orang-orang yang sedang PMS atau mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti antidepresan, antihistamin, atau obat diabetes.

Lantas, apa saja tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi lapar di tengah malam? Melansir dari laman Healtline.com, Berikut lima diantaranya.

1. Minum Air Putih

Rasa lapar di tengah malam bisa jadi akibat kekurangan cairan sebelum tidur. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh pengaruh suhu kamar yang terlalu panas, sehingga produksi keringat menjadi berlebih hingga menimbulkan rasa haus dan lapar.

Oleh sebab itu, Anda perlu minum segelas air putih lalu tunggu hingga beberapa menit. Jika rasa lapar perlahan hilang, itu berarti Anda memang dalam kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan.

Baca Juga: Menjaga dan Mengatasi Berbagai Masalah, Ini 4 Manfaat Daun Thyme bagi Kesehatan

2. Minum Susu Hangat

Minum segelas susu hangat juga menjadi salah satu tips ampuh untuk mengtasi rasa lapar tengah malam. Pasalnya, susu hangat memiliki kalori yang tidak terlalu tinggi sehingga minim risiko menambah berat badan.

Melansir dari Sleep Foundation, Susu hangat juga memiliki kandungan asam amino triptofan yang dapat memicu produksi hormon melatonin untuk menimbulkan rasa kantuk dan membuat Anda kembali tertidur nyenyak.

3. Konsumsi Cemilan Rendah Kalori

Jika Anda merasakan lapar yang tak tertahankan di tengah malam, cobalah untuk mengonsumsi beberapa jenis cemilan rendah kalori, seperti pisang, alpukat, telur rebus, dan oats. Hindari pula makanan yang mengandung kalori tinggi seperti mie instan karena berpotensi menambah berat badan.

Baca Juga: Dapat Memicu Tekanan Darah Tinggi, Ini 3 Dampak Buruk Berlebihan Mengonsumsi Ikan Asin

4. Perbaiki Pola Tidur

Berdasarkan studi dari Journal of Clinical Sleep Medicine, Durasi tidur yang pendek dan kualitas tidur yang buruk dikaitkan dengan rendahnya kepatuhan terhadap diet sehat dan pola makan teratur. Itu artinya, kebiasaan begadang dapat memicu lapar ditengah malam. Cobalah untuk tidur lebih awal, yakni pada pukul 10 atau 11 malam untuk meminimalisir timbulnya rasa lapar.

5. Perbaiki Pola Makan

Selain pola tidur, pola makan juga berkaitan erat dengan rasa lapar di tengah malam. Kebiasaan mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi atau melewatkan waktu makan malam menjadi faktor pemicunya. Maka dari itu, Anda perlu memperbaiki pola makan dengan menerapkan pedoman gizi seimbang setiap harinya.

Itulah tadi lima tips untuk mengatasi rasa lapar ditengah malam. Semoga bermanfaat!

Claudia