blank
ilustrasi makanan hati ampela. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ampela ayam merupakan salah satu jenis makanan yang begitu lezat. Biasanya, olahan ampela disandingkan dengan hati ayam. Memiliki rasa yang enak, wajar saja makanan ini digemari oleh banyak orang.

Meski kerap dicap makanan tidak sehat, manfaat ampela ayam untuk kesehatan sangat baik karena adanya kandungan protein, vitamin B-12, dan selenium. Ampela ayam adalah bagian dari sistem pencernaan ayam yang berfungsi untuk menggiling makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga lebih mudah dicerna.

Salah satu manfaat protein dalam hati dan ampela ayam adalah bisa mempertahankan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, protein dalam hati ayam juga dapat mempertahankan massa otot dan baik untuk pertumbuhan.

Baca Juga: Menjaga dan Mengatasi Berbagai Masalah, Ini 4 Manfaat Daun Thyme bagi Kesehatan

Namun bukan hanya rasanya yang enak di lidah, diketahui juga bahwa makanan ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Melansir dari klikdokter.com berikut adalah 4 manfaat ampela ayam bagi kesehatan tubuh.

1. Memelihara sistem kekebalan tubuh

Ampela ayam mengandung zink yang cukup tinggi. Kandungan tersebut berperan penting dalam menjala daya tahan tubuh. Menurut National Institute of Health, zink mampu membantu mengurangi beberapa gejala penyakit. Diantaranya adalah flu, pilek, dan diare.

2. Mengontrol berat badan

Memasukkan ampela ke dalam menu makan sehari-hari dapat membantu menjaga berat badan seseorang. Manfaat ini diperoleh berkat tingginya kandungan protein di dalam makanan ini. Dengan terpenuhinya kebutuhan protein harian, maka akan lebih mudah dalam menjaga berat badan tetap ideal.

Baca Juga: Sering Digunakan Dalam Jajanan Korea, Ini 5 Manfaat Gochujang Bagi Kesehatan

Perlu diketahui bahwa menurut Angka Kecukupan Gizi atau AKG, tubuh membutuhkan sedikitnya 57 gram protein setiap harinya. Sementara itu, ampela ayam mampu menyumbang 32,3 gram protein dalam setiap 100 gram ampela.

3. Membantu menjaga fungsi organ tubuh

Manfaat mengkonsumsi ampela ayam yang selanjutnya adalah membantu memelihara fungsi organ tubuh. Manfaat tersebut berasal dari kandungan fosfor dan vitamin B yang terdapat pada ampela ayam.

Fosfor dalam makanan ini bermanfaat untuk membentuk kepadatan tulang dan gigi. Sementara itu, vitamin B bermanfaat untuk menjaga fungsi ginjal, otot, dan detak jantung.

Baca Juga: Selain Mudah Diolah, Ini 5 Manfaat Ikan Sarden Bagi Kesehatan

4. Mencegah rasa lelah pada tubuh

Salah satu penyebab tubuh Anda mudah merasa lelah adalah karena kurangnya asupan zat besi pada tubuh. Perlu diketahui bahwa zat besi berguna untuk memproduksi sel darah merah di dalam tubuh.

Kondisi seperti ini dapat dialami oleh siapa saja, utamanya pada orang yang mengidap anemia. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mengkonsumsi ampela ayam. Pasalnya, ampela ayam menjadi salah satu sumber zat besi yang baik.

Itulah 4 manfaat ampela ayam bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Claudia