blank
Ilustrasi jajan khas korea tteokbokki. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Jika kamu menyukai makanan Korea, pasti tidak asing lagi dengan gochujang. Gocujang merupakan pasta cabai untuk masakan Korea yang bahan utamanya adalah beras ketan dan bubuk cabai yang difermentasi. Secara tradisional, fermentasi gocujang dilakukan di halaman rumah di dalam tempayan tembikar berukuran besar. Tempat diletakkan di alas dari susunan batu yang disebut jangdokdae.

Selain mengurangi risiko penyakit jantung koroner, gochujang diyakini dapat menjaga kesehatan jantung, serta mendukung fungsi organ pemompa darah tersebut, agar tetap dapat bekerja dengan efisien.

Bumbu ini biasanya digunakan dalam makanan seperti tteokbokki, bibimbap, atau ayam bumbu pedas.

Baca Juga: Selain Mudah Diolah, Ini 5 Manfaat Ikan Sarden Bagi Kesehatan

Gochujang memiliki cita rasa yang pedas, manis, dan asam sehingga sangat unik jika dimakan. Tak hanya rasanya yang enak, ternyata gochujang juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari laman Hello Sehat, inilah 4 manfaat gochujang, bumbu pedas khas Korea.

1. Mengandung vitamin A yang baik untuk tubuh

Vitamin A dalam gochujang berasal dari campuran bahan-bahan dalam pembuatannya, seperti cabai dan bawang-bawangan. Kandungan ini sangat baik bagi sistem imun dalam tubuh untuk melawan infeksi.

Selain itu, vitamin A juga berfungsi untuk melindungi jantung, paru-paru, ginjal, serta melindungi sel-sel mata agar tetap bekerja dengan baik.

Baca Juga: Membantu Mengatasi Diare, Yuk Simak 5 Manfaat Daun Sembung untuk Tubuh

2. Menambah energi

Menambahkan bumbu gochujang pada makanan bisa meningkatkan nilai kalori pada suatu makanan. Kalori dibutuhkan oleh tubuh untuk dijadikan sumber energi. Apabila energi dalam tubuh bertambah, seseorang akan dapat menjalani aktivitasnya dengan lebih kuat, bersemangat, dan tidak mudah lemas.

3. Baik bagi sistem pencernaan

Gochujang termasuk jenis makanan fermentasi. Setelah dibuat, bumbu ini biasanya diletakkan dalam tempat tertutup dan dibiarkan selama beberapa hari sebelum digunakan sebagai bumbu untuk masakan.

Makanan hasil fermentasi mengandung probiotik yang dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus, sehingga dapat membantu sistem pencernaan bekerja lebih baik.

Baca Juga: Dapat Mencegah Penuaan Dini, Yuk Simak 6 Manfaat Daun Melinjo Bagi Kesehatan

4. Melindungi saraf dan otot

Gochujang mengandung natrium atau garam yang berfungsi untuk menghantarkan impuls dari safar ke otak, mengencangkan dan mengendurkan otot, serta menjaga keseimbangan air dan mineral. Seseorang yang kekurangan natrium bisa mengalami masalah pada saraf dan otot, seperti kedutan atau melemahnya otot.

Meskipun gochujang memiliki berbagai manfaat, perlu diingat untuk tidak mengonsumsi gochujang secara berlebihan dalam mengonsumsinya.

Saat menggunakan gochujang dalam masakan, pastikan kamu tidak menambahkan terlalu banyak garam agar masakan tetap sehat dan tidak mengandung garam yang tinggi.

Selain itu, jika kamu memiliki penyakit maag, sebaiknya batasi konsumsi gochujang karena zat capsaicin dalam cabai bisa merangsang kambuhnya penyakit lambung.

Itulah tadi 4 manfaat gochujang bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Claudia