Ilustrasi ikan sarden yang kaya nutrisi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sarden merupakan ikan kecil yang berasal dari laut mediterania yang merupakan bagian dari keluarga Clupeidae yang sering digunakan sebagai makanan kaleng. Ikan sarden sendiri termasuk dalam jenis ikan berminyak, berukuran kecil, dan biasanya disebut sebagai ikan herring.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam ikan sarden yaitu protein, karbohidrat, Lemak, termasuk asam lemak omega-3, Vitamin, seperti vitamin D, vitamin B12, dan vitamin E.

Karena sarden kalengan biasanya dikonsumsi hingga ke tulangnya, ikan ini adalah sumber kalsium yang sangat baik. Ikan sarden dapat menyediakan kalsium sekitar sepertiga dari jumlah yang dibutuhkan oleh rata-rata orang dalam setiap porsi.

Baca Juga: Dapat Mencegah Penuaan Dini, Yuk Simak 6 Manfaat Daun Melinjo Bagi Kesehatan

Dilansir dari Suara.com di balik rasanya yang lezat, rupanya ikan sarden memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Diketahui jika ikan ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan vitamin D yang tinggi. Selain itu, ikan sarden tidak mengandung banyak merkuri seperti ikan pada umumnya. Itulah sebabnya jika ikan sarden merupakan ikan yang paling sehat untuk dikonsumsi.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai manfaat ikan sarden, yuk simak penjelasan berikut ini yang telah dirangkum dari Alodokter serta sehatQ.

1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan sarden mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Hal ini lantaran terdapat kandungan antiinflamasi. Sehingga asam lemak omega 3 mampu mengurangi risiko penggumpalan darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Dapat Mencegah Penuaan Dini, Yuk Simak 6 Manfaat Daun Melinjo Bagi Kesehatan

Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan sarden juga mampu menurunkan kolesterol jahat, dan justru sebaliknya dapat meningkatkan kolesterol baik.

2. Melindungi fungsi otak

Ikan sarden mengandung omega yang sangat 3. Sehingga berkhasiat dalam menjaga daya ingat dan melindungi fungsi otak. Dengan mengonsumsi ikan sarden, maka bisa menurunkan risiko terkena penyakit alzheimer serta demensia.

3. Memperkuat tulang

Kandungan kalsium yang terdapat pada ikan sarden, mampu berkhasiat untuk memperkuat tulang. Sehingga ikan sarden sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai menu pilihan saat makan. Namun, meski ikan sarden mengandung kalsium yang bermanfaat bagi tulang, anda juga harus rutin olahraga agar terhindari dari osteoporosis.

Baca Juga: Ini Manfaat Jika Kamu Suka Bicara Sendiri, Bisa Hilangkan Rasa Cemas

4. Mendukung kehamilan yang sehat

Ikan sarden rupanya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan ibu hamil. Kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan sarden bermanfaat untuk perkembangan janin dalam kandungan seperti otak, sistem saraf, penglihatan, tulang. Sementara kalsiumnya dapat melindungi ibu hamil dari risiko terkena preeklamsia.

5. Membangun otot tubuh

Ikan sarden merupakan sumber protein serta asam lemak esensial yang cukup baik. Kedua nutrisi ini diperlukan agar otot menjadi kuat. Protein yang dimaksud di sini berperan sebagai bahan utama, sedangkan asam lemak berperan untuk sumber energi yang membangun otot.

Itulah beberapa manfaat ikan sarden bagi kesehatan tubuh. Meskipun ikan sarden memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, namun pentingnya juga membatasi asupan yang dikonsumsi.

Claudia