Daun melinjo yang kaya manfaat. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Daun melinjo muda disebut so dalam bahasa Jawa. Daun inilah yang digunakan sebagai bahan sayuran. Meski tidak termasuk tumbuhan berbunga, namun melinjo menghasilkan bunga meskipun bukan bunga sejati. Bunga mlinko tumbuh pada ketiak daun dan termasuk jenis bunga tidak sempurna yang berumah dua.

Selain antioksidan, daun melinjo juga mengandung protein, serat, kalium, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin A, dan magnesium. Konsumsi daun buah ini bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi-nutrisi tersebut.

Daun melinjo memiliki manfaat mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh, sehingga organ-organ yang ada di dalamnya bisa berfungsi dengan baik. Daun melinjo kaya akan kandungan serat, sehingga akan membuat sistem pencernaan bekerja optimal menghancurkan makanan.

Baca Juga: Ini Manfaat Jika Kamu Suka Bicara Sendiri, Bisa Hilangkan Rasa Cemas

Dilasnir dari Suara.com untuk lebih jelasnya terkait manfaat sehat daun melinjo, yuk simak penjelasannya yang telah dirangkum dari alodokter serta klikdokter.

1. Mencegah penuaan dini

Biasanya untuk mencegah penuaan dini, makanan yang direkomendasikan ialah yang mengandung kolagen. Namun, siapa sangka jika rupanya daun melinjo memiliki khasiat yang mampu mencegah penuaan dini.

Daun melinjo memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sehingga mampi menangkal radikal bebas dan merangsang produksi kolagen, sehingga kulit lebih cepat untuk meregenerasi sel yang telah mati.

Baca Juga: Selain Membantu Melancarkan Peredaran Darah, Ini 5 Manfaat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan

2. Menjaga metabolisme tubuh

Metabolisme akan bekerja dengan baik apabila tubuh tidak menyimpan lemak yang jahat. Mengonsumsi daun melinjo akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh yang akan bekerja dengan baik. Selain itu, kandungan serat yang terdapat pada daun melinjo akan membuat pencernaan bekerja menjadi lebih maksimal.

3. Menangkal radikal bebas

Seperti yang telah dipaparkan tadi jika daun melinjo memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Diketahui jika antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang dapat memicu penyakit.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daun melinjo bisa dimasukkan ke dalam menu makanan sehat sehari-hari. Hal ini lantaran daun melinjo memiliki kandungan antioksidan serta mineral yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh seperti zinc, zat besi serta magnesium, sehingga menambahkan daun melinjo ke dalam menu makanan sehari-hari mampu menjaga tubuh agar tetap fit.

Baca Juga: Dapat Mempercepat Penyembuhan Luka, Ini 6 Manfaat Daun Sendok bagi Kesehatan

5. Menurunkan kadar asam urat

Berbeda dengan bijinya yang bisa memicu kadar asam urat tinggi, daun melinjo justru mampu menurunkan asam urat, lho. Riset menunjukkan jika mengonsumsi daun melinjo dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah. Namun, manfaat daun melinjo yang satu ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

6. Menjaga kadar gula darah

Zat flavonoid yang terdapat pada daun melinjo mampu membantu menjaga kadar gula dalam darah. Selain itu flavonoid juga bersifat antidiabetes. Flavonoid mampu mengikat radikal bebas dan memicu stres oksidatif berkurang. Hal ini menyebabkan kerusakan pankreas serta risiko mengalami diabetes bisa berkurang.

Itulah beberapa manfaat dari daun melinjo. Konsumsi daun melinjo secukupnya saja dan tak perlu tiap hari. Namun, tetap pastikan asupan yang dikonsumsi memiliki gizi seimbang.

Claudia