blank
Ilustrasi bicara sendiri. Foto: Dok/Sehaq.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apakah kamu termasuk orang yang suka bicara sendiri? Jika kamu suka bicara dengan diri sendiri, kamu boleh berbahagia. Kebiasaan tersebut memiliki segudang manfaat yang tak main-main lho.

Melansir Suara.com, bicara sendiri alias self talk bukan berarti kamu aneh atau gila. Bicara sendiri bisa membuat ingatan terstimulasi sekaligus merangsang lebih banyak indera.

Selain bisa menjadi stimulus memori, ada beberapa manfaat lain jika kamu suka bicara sendiri atau self talk.

1. Meningkatkan fokus

Berbicara dengan diri sendiri akan melatih kemampuan otak untuk fokus pada satu hal. Hal ini juga berlaku bagi kamu yang kadang menulis sambil membaca apa yang sedang ditulis.

Otak akan lebih fokus dan berkonsentrasi karena sebelum kita mengucapkan suatu kata atau kalimat, otak akan melalui proses berpikir terlebih dahulu.

2. Menghilangkan kecemasan yang berlebihan

Sebelum melakukan rapat penting atau presentasi, biasanya seseorang akan merasa gugup atau cemas, bahkan hingga dibuat istilah “demam panggung” karena gugup harus tampil di depan banyak orang.

Rasa cemas tersebut bisa diatasi dengan menerapkan kebiasaan bicara sendiri sebelum menghadapi sesuatu yang mengharuskan tampil di depan banyak orang. Dengan cara tersebut, kamu akan lebih percaya diri dan rasa cemas pun perlahan-lahan berkurang.

3. Meningkatkan kemampuan analisis masalah

Saat sedang menghadapi masalah, cobalah untuk sesekali curhat dengan diri sendiri. Kamu bisa berdialog dengan dirimu sendiri sehingga lama-lama kamu mampu menganalisis situasi masalah tersebut.

Berbicara sendiri juga bisa meningkatkan pemahaman diri terhadap suara hati sehingga seseorang bisa mengetahui apa yang benar-benar diinginkan.

4. Menyalurkan emosi

Berbicara sendiri bisa mendukung proses pelepasan emosi saat ada hal-hal yang berada di luar kendali. Misalnya saja saat bertemu dengan pengendara nakal di jalan, atau mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan dari rekan kerja, dan lain-lain.

Daripada marah-marah tidak jelas, cobalah untuk berdialog dengan diri sendiri agar lebih tenang. Cara ini sekaligus bisa membantu untuk mengatur emosi secara lebih baik.

Itu tadi beberapa manfaat jika kamu bicara sendiri. Sebisa mungkin gunakan kata-kata positif saat sedang berdialog dengan diri sendiri untuk menumbuhkan pola pikir yang optimis.

Ning S