Ilustrasi daun sembung. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tanaman sembung atau dalam nama latin disebut Blumea balsamifera, merupakan jenis tanaman dari famili Asteraceae. Daunnya dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional, daun sembung memiliki bulu-bulu halus. Punya sifat rasa pedas, Sedikit pahit, Agak hangat, dan harum.

Manfaat daun sembung juga digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, seperti batuk, demam, sakit kepala, nyeri otot, dan sakit gigi. Selain itu, daun sembung juga digunakan untuk menjaga kesehatan kulit dan mengobati berbagai masalah kulit seperti eksim dan jerawat.

Di Asia dan Asia Tenggara, daun sembukan digunakan untuk masalah pencernaan. Rebusan tanaman ini memiliki sifat anti-inflamasi terhadap radang sendi. Daunnya bermanfaat untuk masalah usus seperti kolik, sakit perut, perut kembung, kram, reumatik, asam urat dan disentri.

Baca Juga:Selain untuk Perawatan Ikan Cupang, Ini 5 Manfaat Daun Ketapang bagi Kesehatan

Penelitian menyebutkan bahwa tanaman sembung memiliki beragam senyawa fitokimia yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti alkaloid, flavonoid, tanin, terpenoid, steroid, dihidroflavon, monoterpen, sesquiterpen, dan triterpen. Kandungan fitokimia ini terkonsentrasi pada bagian daun tanaman sembung, seperti dilansir pada Journal of tropical medicine.

Lantas, seperti apa penjelasan tentang manfaat daun sembung bagi kesehatan? Simak pembahasan berikut.

1. Membantu Mengatasi Diare

Diare merupakan salah satu gangguan pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan parasit. Untuk mengatasi hal ini Anda dapat menggunakan ekstrak daun sembung yang memiliki sifat anti bakteri dan parasit berkat kandungan fitokimia di dalamnya.

Baca Juga: Dapat Mempercepat Penyembuhan Luka, Ini 6 Manfaat Daun Sendok bagi Kesehatan

Penelitian dari Jurnal Sains dan Kesehatan juga telah membuktikan hal ini, mereka menyebutkan bahwa penggunaan ekstrak etil asetat daun Blumea balsamifera dengan dosis 250 mg/kg berat badan dapat memberikan efek antidiare dalam uji coba laboratorium.

2. Membantu Memperkecil Ukuran Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal disebabkan oleh tingginya kadar zat kimia pembentuk kristal dalam urine, yaitu asam urat, kalsium fosfat dan kalsium oksalat. Zat-zat ini sulit dihancurkan oleh cairan pada urine sehingga terkumulasi menjadi batu-batu kecil di dalam ginjal, seperti dikutip pada laman Siloam Hospital.

Daun sembung dinilai efektif untuk mengatasi hal ini karena memiliki sifat diuretik yang mampu melarutkan batu ginjal dan mengeluarkannya lewat urin, seperti dilansir pada jurnal Asian Journal of Urology.

Baca Juga: Dapat Mencegah Penyakit Alzheimer, Ini 5 Manfaat Daun Kecombrang bagi Kesehatan Tubuh

3. Membantu Menurunkan Demam

Melansir dari jurnal Behavioural Brain Research, daun sembung memiliki ekstrak methanol yang dapat membantu menurunkan demam pada anak ataupun orang dewasa. Untuk menggunakannya, Anda dapat merebus beberapa helai daun sembung. Kemudian basahi handuk dengan air rebusan daun sembung lalu basuhkan pada kepala, kaki dan tangan.

4. Membantu Mengatasi Hipertensi

Kandungan berbagai jenis senyawa fitokimia pada daun sembung mampu mengontrol tekanan darah pada penderita hipertensi. Bahkan efek yang dirasakan setara dengan obat medis propranolol dari golongan beta blocker yang sering digunakan untuk mengatasi hipertensi, seperti dikutip pada laman NHS choice.

5. Mengurangi Nyeri Haid

Bebragai jenis fitokimia seperti alkaloid, flavonoid, tanin, terpenoid, dan steroid yang terkandung pada daun sembung mampu mengurangi nyeri haid karena memiliki sifat anti inflamasi sekaligus anti nyeri. Untuk mendapatkan efek tersebut, Anda dapat mengolah daun sembung menjadi rebusan atau teh herbal.

Itulah tadi 5 manfaat daun sembung bagi kesehatan.

Claudia