blank
Ilustrasi daun ketapang yang kaya manfaat. foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ketapang atau dengan nama latinnya Terminalia Catappa merupakan satu diantara pohon tropis yang besar, datang dari keluarga pohon cemara (Combretaceae). Pohon biasanya ditanam di pinggir-pinggir jalan sebagai peneduh alami. Daunnya sendiri banyak digunakan untuk perawatan ikan cupang di dalam aquarium agar airnya terhindar dari jamur dan bakteri.

Daun ketapang mengandung senyawa aktif berupa antosianin dan tanin, tetapi yang lebih dominan adalah pigmen tanin yang berpotensi sebagai sumber zat warna. Kandungan zat tanin pada ketapang dapat menghasilkan warna cokelat, sedangkan antosianin menghasilkan warna merah.

Salah satu khasiat daun ketepeng yang paling dikenal, yaitu untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang kerap menimbulkan gatal. Ini di antaranya kurap, kudis, panu, dan eksim (dermatitis atopik).

Baca Juga: Selain Wangi Hingga Cocok untuk Diet, Ini 5 Manfaat Bunga Melati Bagi Kesehatan

Namun tak hanya itu saja, daun ketapang juga dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Seperti dilansir dari klikdokter.com berikut ini adalah 5 manfaat daun ketapang bagi kesehatan tubuh.

1. Mengatasi sakit perut

Jus daun ketapang diyakini memiliki khasiat untuk mengobati sakit perut yang disebabkan oleh parasit di dalam usus. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut megenai hal ini.

2. Baik untuk ibu hamil

Air rebusan daun ketapang diyakini baik manfaatnya untuk ibu hamil. Mengkonsumsi air rebusan daun ketapang mampu mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Baca Juga: Dapat Menghilangkan Ketombe , Ini 4 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Rambut

Manfaat ini berasal dari adangan kandungan asam folat yang terdapat dalam daun ini. Perlu diketahui bahwa asam folat bermanfaat untuk menunjang perkembangan otak janin. Meski demikian, jika ibu hamil hendak menggunakan daun ini sebagai minuman herbal, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

3. Mengatasi hepatitis

Daun ketapang yang sudah tua dan jatuh dari pohonnya disinyalir mampu membantu mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan kuman. Oleh karena itu, banyak orang yang percaya bahwa daun ini bisa diadalkan untuk mengatasi penyakit hepatitis.

Meski demikian, perawatan medis untuk mengobati hepatitis lebih dianjurkan daripada pengobatan secara tradisional atau herbal.

Baca Juga: Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Yuk Simak 5 Manfaat Kangkung Bagi Pertumbuhan Anak

4. Mengobati peradangan

Manfaat selanjutnya dari daun ketapang adalah untuk mengatasi radang sendi. Diketahui bahwa dengan mengoeskan ekstrak daun ketapang akan membantu meredakan penyakit rheumatoid artritis. Tak hanya itu, teh daun ketapang kering juga dipercaya mampu menenangkan dan melemaskan sistem saraf.

5. Melawan pertumbuhan sel kanker

Diketahui bahwa daun ketapang memiliki sifat antikarsinogenik. Dengan demikian, daun ketapang memiliki kemampuan untuk melawan pertumbuhan sel kanker. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan seekor tikus, diketahui bahawa ekstrak daun ketapang berpotensi menekan kanker paru-paru. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat yang satu ini.

Nah, itulah 5 manfaat daun ketapang bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Claudia