blank
Ilustrasi bubuk kopi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kopi merupakan salah satu minuman yang menjadi favorit banyak orang. Minuman yang mengandung kafein ini sangat cocok dinikmati dalam segala suasana. Selain itu, karena mengandung kafein kopi juga kerap dimanfaatkan untuk mengusir kantuk.

Secangkir kopi bisa mengandung vitamin B2, B3, B5, zat mangan, magnesium, dan potasium. Kandungan kafein pada kopi hitam ternyata dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Hal tersebut dapat meningkatkan konsentrasi, fokus, dan memori jangka pendek.

Dilasnir dari Suara.com ternyata selain enak diminum, kopi juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut. Kopi diketahui dapat mencegah rambut dari kerontokan hingga berfungsi sebagai pewarna alami.

Baca Juga: Dapat Meningkatkan Risiko Obesitas, Ini 5 Bahaya Mengonsumsi Kopi Instan Secara Berlebihan bagi Kesehatan

Dilansir dari HelloSehat, berikut ini empat manfaat kopi bagi kesehatan rambut yang jarang diketahui.

1. Mencegah Kerontokan

Kadar kafein yang terkandung dalam kopi cukup tinggi. Kafein ini berfungsi untuk merangsang pemanjangan batang rambut, menyehatkan kulit kepala, dan membuat rambut menjadi lebih kuat. Sehingga tak jarang kopi dijadikan sebagai salah satu bahan dalam produk perawatan rambut rontok. Kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan menaburkan bubuk kopi ke kulit kepala. Selain itu, bisa juga kamu gunakan ketika kamu keramas.

2. Pewarna Alami

Sebagian orang memilih untuk menggunakan pewarna rambut ketika rambut tampak kusam atau beruban. Hanya saja, terlalu sering melakukan pewarnaan rambut akan membuat rambut menjadi kering dan rusak.

Nah, kamu bisa gunakan kopi sebagai pewarna rambut alami. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan kopi dengan air hingga menyerupai pasta. Kemudian oleskan secara merata ke rambut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan hal ini secara berulang dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Baca Juga: Dapat Meningkatkan Risiko Obesitas, Ini 5 Bahaya Mengonsumsi Kopi Instan Secara Berlebihan bagi Kesehatan

3. Mengharumkan Rambut

Banyak melakukan aktivitas di luar ruangan akan membuat kamu mudah berkeringat. Selain membuat badan menjadi bau, keringat juga bisa menimbulkan bau apek pada rambut.

Untuk mengatasi bau rambut, kamu bisa gunakan kopi. Cara menggunakannya juga cukup mudah hanya dengan melarutkan kopi dengan air dan gunakan larutan tersebut sebagai masker rambut.

4. Menghilangkan Ketombe

Manfaat terakhir yang dimiliki kopi untuk kesehatan rambut adalah dapat membantu mengatasi ketombe. Hal ini dikarenakan kopi berfungsi sebagai eksfoliator yang dapat mengangkat sel kulit mati di kepala. Sehingga ketombe dan kotoran di kulit kepala dapat terangkat.

Sebelum keramas, kamu bisa taburkan bubuk kopi di kulit kepala dan pijat perlahan. Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Nah, itulah empat manfaat kopi untuk kesehatan rambut yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat.

Claudia