blank
Ilustrasi daun thyme yang kaya manfaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABRU.ID)- Daun thyme atau dengan nama lain thymus vulgaris merupakan bahan herbal yang biasa dijadikan sebagai bumbu masak. Sebab, daun ini dapat meningkatkan cita rasa sekaligus menambah aroma yang harum pada makanan. Namun, tak hanya bermanfaat sebagai bahan atau bumbu masakan semata.

Daun thyme banyak dipakai untuk membumbui ayam panggang serta sebagai campuran di banyak hidangan Eropa dan Timur Tengah.

Thyme tergolong tanaman herbal yang masih termasuk dalam keluarga mint. Qori menjelaskan thyme mempunyai rasa yang aromatik, semerbak, dan dingin. Daunnya banyak digunakan sebagai bumbu masakan, minuman teh, dan obat tradisional. Tanaman ini juga umumnya digunakan sebagai bahan baku pembuatan sabun, pasta gigi, parfum, kosmetik, hingga krim antibakteri.

Baca Juga: Sering Digunakan Dalam Jajanan Korea, Ini 5 Manfaat Gochujang Bagi Kesehatan

Melansir dari Food Data Central US Department of Agriculture, Pemanfaatan daun thyme dalam berbagai produk tersebut dilatarbelakangi oleh kandungan gizi, fitokimia dan senyawa aktif yang dimilikinya, yakni protein, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, magnesium, polifenol, dan thymol.

Berkat adanya kandungan tersebut, daun thyme memiliki komponen antioksidan, antikanker, antidiabetes, antimikroba, hipolipidemik, analgesik, dan imunostimulan yang berpotensi dalam menjaga sekaligus mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti dikutip pada Journal Of Essential Oil Bearing Plants.

Lantas, seperti apa pemanfaatan daun thyme dalam menjaga dan mengatasi masalah kesehatan? Simak pembahasan berikut!

Baca Juga: Membantu Mengatasi Diare, Yuk Simak 5 Manfaat Daun Sembung untuk Tubuh

1. Meredakan Gejala Batuk

Kandungan fenol pada daun thyme dinilai mampu meredakan gejala batuk secara alami. Pasalnya, fenol memiliki efek sebagai antioksidan sekaligus anti radang yang dapat mempercepat penyembuhan penyakit.

Bahkan, sebuah studi dalam jurnal Pulmonary Pharmacology and Therapeutics ikut menjelaskan bahwa kombinasi thyme dan akar primula bisa mengurangi radang dan lendir batuk.

2. Mencegah Timbulnya Jerawat

Daun thyme memiliki efek anti bakteri dari kandungan thymol yang mampu mencegah terjadinya jerawat dan peradangan pada kulit lainnya seperti eksim.

Baca Juga: Selain untuk Perawatan Ikan Cupang, Ini 5 Manfaat Daun Ketapang bagi Kesehatan

Hal ini diperkuat oleh penelitian dari jurnal Molecules yang menemukan fakta bahwa sifat antibakteri pada minyak esensial thyme dapat melawan bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menguji efektivitas daun thyme untuk mengatasi jerawat yang sudah timbul lebih dahulu.

3. Memperbaiki Mood

Ekstrak daun thyme yang mengandung thymol memiliki peranan penting dalam memperbaiki mood. Pasalnya, thymol memiliki aromaterapi dengan wangi yang khas, sehingga mampu memberikan efek rileks dan tenang untuk pikiran yang penat setelah beraktivitas, seperti dikutip pada laman Alodokter.

Baca Juga:Dapat Mempercepat Penyembuhan Luka, Ini 6 Manfaat Daun Sendok bagi Kesehatan

4. Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan antioksidan dan senyawa aktif fenol dan thymol yang terdapat pada daun thyme dinilai mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Alhasil, radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan, seperti kanker bisa dicegah dengan optimal, seperti dikutip pada laman Hello Sehat.

Anda dapat menggunakan ekstrak daun thyme sebagai minyak aromaterapi, teh, ataupun obat herbal. Pastikan membeli produk yang telah terdaftar dalam Badan Pengawas Obat dan Makanan untuk menjaga keaslian produk.

Itulah tadi pembahasan tentang empat manfaat potensial daun thyme bagi kesehatan, semoga bermanfaat!

Claudia