Ilustrasi minum menggunakan sedotan. Foto: Dok/hipwee

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Benarkah minum menggunakan sedotan bisa membuat gigi kita jadi keropos? Selain minum langsung dari gelas, biasanya orang-orang suka minum menggunakan sedotan.

Penggunaan sedotan dinilai lebih praktis dan tidak membuat belepotan saat sedang minum. Selain berpengaruh terhadap kebersihan lingkungan, terlalu sering minum menggunakan sedotan ternyata menimbulkan beberapa efek samping bagi kesehatan.

Melansir dari HelloSehat, ada beberapa dampak penggunaan sedotan bagi kesehatan. Simak yuk…

1. Membuat wajah jadi berkerut

Saat menggunakan sedotan, otomatis otot bibir akan mengerucut. Gerakan ini akan membentuk lekukan pada kulit sekitar mulut dan bibir. Jika gerakan ini dilakukan terlalu sering, lekukan tersebut bisa membentuk garis-garis halus yang menimbulkan kerutan pada wajah.

Selain itu, minum menggunakan sedotan akan membuat area mulut bergerak lebih aktif daripada saat kita menyeruput atau meneguk secara langsung dari gelas. Hal itu bisa menyebabkan kerusakan kolagen dan kulit menjadi tidak elastis lagi.

2. Menyebabkan gigi keropos dan berlubang

Saat minum menggunakan sedotan, cairan minuman akan menumpuk di salah satu bagian gigi. Hal ini menyebabkan sejumlah gula berkumpul di bagian tertentu sehingga berpotensi mengikis email gigi.

Jika hal itu dilakukan terus menerus, dikhawatirkan gigi menjadi keropos hingga berlubang. Tentunya hal ini terjadi jika minuman tersebut mengandung gula.

3. Perut menjadi kembung dan kelebihan gas

Saat seseorang menyedot minuman dengan sedotan, udara ikut masuk ke dalam mulut hingga ke perut. Hal itu menyebabkan gas berkumpul dan perut pun menjadi kembung. Perut yang menampung banyak udara akan terasa tidak nyaman dan membuat kita ingin sering buang gas.

Itu tadi efek samping yang akan timbul jika memiliki kebiasaan minum menggunakan sedotan. Mulai sekarang, sebaiknya kurangi penggunaan sedotan, terutama sedotan sekali pakai.

Namun bagi orang-orang yang menderita penyakit saraf seperti stroke, demensia, atau gangguan saraf motorik lainnya, sedotan akan sangat membantu mereka saat minum.

Selain itu, minum dengan sedotan juga bisa mencegah penyebaran infeksi dari mulut. Jika di rumah makan atau restoran, menggunakan sedotan untuk minum bisa mencegah penyebaran bakteri karena kita tidak tahu kebersihan alat makan yang digunakan.

Ning S