blank
ilustrasi ikan asin. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ikan asin merupakan makanan yang unik dan cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Sesuai namanya, ikan asin memiliki rasa yang sangat asin karena ikan ini diawetkan dengan metode penggaraman.

Bagi pecinta ikan asin, makanan ini tentu akan terasa sangat lezat. Meski demikian, sebaiknya kamu tidak mengkonsumsi ikan asin secara berlebihan karena akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari Suara.com untuk lebih jelasnya, mari simak 3 dampak buruk mengkonsumsi ikan asin secara berlebihan sebagaimana dilansir dari klikdokter.com berikut ini.

Baca Juga:Kelebihan Karbohidrat, Ini 5 Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Mie Instan dan Nasi

1. Memicu tekanan darah tinggi

Ikan asin menjadi salah satu jenis makanan yang harus dihindari oleh pengidap hipertensi atau darah tinggi. Dijelaskan sebelumnya bahwa ikan asin diproses melalui metode penggaraman. Oleh sebab itu, ikan asin mengandung natrium yang sangat tinggi.

Perlu diketahui bahwa natrium di dalam tubuh mampu menarik cairan ke dalam pembuluh darah. Kondisi ini akan menyebabkan volum darah dalam pembuluh akan semakin banyak, sehingga jantung akan memompa darah lebih cepat dan menyebabkan darah tinggi. Kondisi seperti ini akan sangat berbahaya jika dialami oleh pengidap hipertensi.

2. Menyebabkan pembengkakan pada organ tubuh

Sebelumnya disebutkan bahwa natrium akan menarik banyak cairan ke dalam pembuluh darah. Jika cairan tersebut tidak dapat dialirkan dengan sempurna, maka cairan tersebut akan tertinggal sehingga memicu terjadinya pembengkakan.

Baca Juga: Dapat Menyebabkan Masalah Punggung, Ini 3 Bahaya Akibat Terlalu Sering Memangku Laptop

Bagian yang paling kerap terjadi pembengkakan akibat masalah ini adalah pada bagian kaki. Selain itu, pembengkakan juga dapat terjadi di organ paru-paru.

3. Mengganggu kesehatan jantung

Dampak selanjutnya akibat terlalu sering mengkonsumsi ikan asin adalah menyebabkan gangguan kesehatan jantung. Hal tersebut dapat terjadi karena natrium yang terkandung dalam ikan asin menyebabkan volume darah menjadi naik.

Kondisi ini akan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras. Dalam jangka waktu yang lama, hal ini akan mengakibatkan fungsi dan struktur menjadi berubah. Kondisi seperti ini dapat memicu terjadinya pembengkakan jantung dan gagal jantung.

Baca Juga: Selain Menyebabkan Alergi, Ini 4 Bahaya Bulu Kucing bagi Kesehatan Tubuh

Ikan asin memang makanan yang enak dan harganya terjangkau. Meski begitu, kamu harus memperhatikan kondisi kesehatan kamu. Oleh karena itu, jangan mengkonsumsi ikan asin terlalu berlebihan agar tidak mengganggu kesehatan kamu.

Demikian pembahasan mengenai 3 dampak buruk mengkonsumsi ikan asin bagi tubuh, semoga bermanfaat.

Claudia