blank
Ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Saat ini tidak sedikit orang yang menggunakan laptop sebagai benda yang menunjang aktivitas sehari-hari. Mulai dari belajar, bekerja, hingga mencari hiburan semuanya menggunakan laptop.

Sengaja atau tidak, kebiasaan memangku laptop kerap kali dilakukan karena dirasa cukup praktis dan tidak ribet. Dilansir dari Suara.com namun cukup disayangkan, kebiasaan memangku laptop ternyata bisa berakibat pada masalah kesehatan.

Hal tersebut lantaran, laptop merupakan perangkat elektronik yang bisa memancarkan radiasi elektromagnetik secara signifikan sehingga bisa menimbulkan masalah kesehatan. Dilansir oleh hellosehat.com, inilah beberapa bahaya yang ditimbulkan akibat kebiasaan memangku laptop.

Baca Juga: Tips Membentuk Pinggul Indah

1. Masalah pada punggung, leher, serta pundak

Kebiasaan posisi tubuh yang buruk bisa memicu masalah yaitu nyeri punggung dan leher. Laptop bisa dipindahkan dimana saja. Hal inilah yang apabila laptop tersebut diletakkan tidak benar seperti di lantai, meja ukuran kecil atau di pangkuan bisa memicu nyeri punggung.

Selain itu, tidak disarankan membawa laptop dengan tas selempang yang bisa memberatkan salah satu pundak. Untuk melindungi tubuh, gunakan tas ransel yang dikhususkan untuk laptop dengan tali lebar.

2. Memengaruhi kualitas sperma

Melansir dari jurnal Human Reproduction yang dikutip dari hellosehat, ternyata panas yang dihasilkan dari laptop bisa menghangatkan sperma laki-laki hingga tak aktif lagi.

Kondisi ini disebut dengan hipertermia skrotum. Hal ini bisa menjadi masalah yang besar karena mayoritas pengguna laptop adalah kalangan pria yang berusia produktif. Oleh sebab itu, kebiasaan memangku laptop bisa memengaruhi kesuburan pria.

Baca Juga: Tips Membentuk Tubuh Bagian Bawah Pada Wanita

3. Menyebabkan masalah kulit

Berdasarkan jurnal Pediatrics yang dikutip dari hellosehat meneliti tentang anak berusia 12 tahun. Anak tersebut memiliki masalah kesehatan dimana pada kulitnya muncul bintik dan berubah berwarna cokelat.

Gejala ini dinamakan erythema abigne, sebuah sindrom kulit terpanggang akibat kebiasaan memangku laptop. Sehingga bagi kamu yang kerap kali memangku laptop, segera hentikan kebiasaan ini!

Itulah beberapa gangguan kesehatan yang bisa muncul akibat kebiasaan memangku laptop. Meskipun memangku laptop dirasa cukup praktis dan tidak ribet, ada baiknya mulai sekarang hindari kebiasaan tersebut karena efeknya tidak bisa disepelekan.

Claudia