blank
Ilustrasi.Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kucing dengan bahasa latin Felis silvestris catus, merupakan sejenis hewan karnivora. Kata “kucing” biasanya merujuk kepada “kucing” yang telah dijinakkan, tetapi bisa juga merujuk kepada “kucing besar” seperti singa, harimau, dan macan.

Kucing merupakan hewan peliharan yang sangat jinak dan lucu. Makanya tak heran banyak sekali orang yang memelihara kucing di rumah.

Dilansi dari Suara.com, bahkan tak sedikit orang yang sering memeluk, mencium, dan tidur bersama kucing kesayangannya.

Baca Juga: Tips Agar Kucing Tidak Naik Keatas Mobil

Namun dibalik itu semua, tahukah kalian bahwa sebenarnya bulu kucing memiliki dampak buruk bagi kesehatan? Dilansir dari alodokter.com berikut adalah 4 bahaya kesehatan yang ditimbulkan oleh bulu kucing.

1. Kurap (ringworm)

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi jamur Dermatofita pada kulit. Kurap dapat ditularkan oleh hewan ke manusia, kucing adalah salah satunya.

Kucing menjadi salah satu hewan yang cukup sering terinfeksi penyakit ini, terlebih jika kalian jarang memandikan atau membersihkan bulunya.

Baca Juga: Selain Dapat Mengobati Stres, 4 Manfaat Memelihara Kucing Untuk Kesehatan Mental

Gejala yang muncul adalah adanya area yang berkerak pada tubuh kucing disertai rontoknya bulu. Jika kucing sudah terinfeksi kurap, alangkah baiknya untuk membawa kucing kalian ke klinik hewan. Dengan begitu, penyakit kurap akan lebih cepat diatasi dan tidak akan menular kepada kalian.

2. Penyakit cakar kucing

Sesuai namanya, penyakit ini ditularkan ke manusia melalui gigitan atau cakaran kucing. Namun sebenernya penyakit ini juga bisa ditularkan melalui bulu kucing.

Penyakit cakar kucing disebabkan oleh infeksi bakteri Bartonella henselae. Bagi seseorang yang mengidap HIV/AIDS atau pasien kanker yang sedang menjalani kemoterapi, penyakit cakar kucing akan memperburuk kondisi kesehatan penderita tersebut.

Baca Juga: Tips Pelihara Kucing Agar Jinak Total

Untuk itu, bagi seseorang yang memiliki imunitas rendah, sebaiknya berhati-hati dalam memelihara kucing. Karena dengan mengelus kucing yang terinfeksi penyakit tersebut, maka berpotensi untuk tertular penyakit cakar kucing.

3. Alergi

Masalah kesehatan ini cukup sering dialami oleh orang-orang yang memelihara kucing. Pada bulu kucing, terdapat banyak sekali kotoran yang tidak bisa kita lihat namun sebenernya banyak bakteri dan kuman yang menempel.

Bagi seseorang yang mengidap asma, potensi alergi terhadap bulu kucing akan lebih besar, bahkan dapat memicu kambuhnya gejala asma.

Baca Juga: Bersihkan Bulu Kucing Yang Nempel di Sofa

4. Penyakit toksoplasmosis

Ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii yang berasal dari kotoran kucing. Jika kalian tidak menjaga kebersihan kucing, maka parasit ini bisa menular kepada manusia.

Bagi seseorang dengan imunitas tubuh yang lemah dan ibu hamil, penyakit toksoplasmosis akan menjadi cukup berbahaya.

Nah, itulah 4 bahaya bulu kucing bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Claudia