blank
Ilustrasi mie instan dengan nasi putih. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mie Instan termasuk dalam junk food atau makanan yang miskin vitamin. Mengkonsumsi Mie Instan terlalu sering dapat memicu penyakit jantung. Hal ini dikarenakan Cardionmetabolic Syndrome. Membuat perut buncit dan kantung mata.

Mie instan yang dihidangkan bersamaan dengan nasi telah menjadi salah satu kombinasi makanan yang populer di kalangan banyak orang. Namun, di balik kenikmatan makanan tersebut, ternyata ada beberapa bahaya yang perlu diperhatikan.

Karena sama-sama mengandung karbohidrat yang tinggi, makan mi instan dicampur nasi bisa membuat kamu merasa cepat kenyang, sehingga tidak ingin makan apa-apa lagi. Akibatnya, kebutuhan tubuhmu akan nutrisi lain menjadi tidak terpenuhi.

Baca Juga: Dapat Menyebabkan Masalah Punggung, Ini 3 Bahaya Akibat Terlalu Sering Memangku Laptop

Tanpa berlama-lama, berikut ini adalah 5 bahaya mengonsumsi mie instan bersamaan dengan nasi dilansir dari Sehatq. Kira-kira apa saja?

1. Dapat meningkatkan risiko diabetes

Salah satu bahaya dari mengonsumsi mie instan campur nasi adalah meningkatnya risiko terkena diabetes. Diabetes merupakan kondisi medis yang terjadi ketika pankreas tidak mampu memproses gula dengan baik. Hal tersebut dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan, mengantuk setelah makan, dan bahkan dapat menyebabkan adanya darah dalam urine.

2. Konsumsi karbohidrat secara berlebihan

Mie dan nasi merupakan dua jenis makanan yang mengandung karbohidrat. Jika terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, seseorang dapat merasa sangat kenyang dan kehilangan nafsu makan.

Baca Juga: Selain Menyebabkan Alergi, Ini 4 Bahaya Bulu Kucing bagi Kesehatan Tubuh

Perasaan kenyang yang berlebihan inilah yang dapat menghambat penyerapan nutrisi penting lainnya yang diperlukan oleh tubuh. Jika terjadi kekurangan atau ketidakseimbangan nutrisi dalam tubuh, hal itu dapat memicu risiko terjadinya masalah gizi.

3. Menyebabkan perut membesar

Orang yang mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan tanpa melakukan aktivitas fisik yang cukup diketahui berpotensi memiliki perut yang membesar atau buncit. Kondisi ini terjadi karena lemak jenuh yang terus menumpuk dalam tubuh.

Jika tidak cepat ditangani, maka berat badan dapat meningkat dan bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit serius.

Baca Juga: Lima Akibat Terlalu Sering Mengonsumsi Mi Instan

4. Mengganggu fungsi organ pankreas

Mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang berlebihan dapat mengganggu fungsi pankreas. Organ ini bertanggung jawab untuk menghasilkan hormon insulin yang berperan dalam mengatur kadar gula dan karbohidrat dalam tubuh.

Secara bertahap, fungsi pankreas dapat terganggu dan mengalami kerusakan jika seseorang sering mengonsumsi mie instan campur nasi.

5. Meningkatkan risiko obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan yang disebabkan oleh penumpukan lemak dalam tubuh dapat terjadi akibat konsumsi mie instan campur nasi yang berlebihan. Terutama jika tidak ada asupan makanan lain yang mengandung protein, vitamin, dan nutrisi penting lainnya.

Baca Juga: Resep: Indomie Goreng Wijen Sangrai

Perlu diketahui, karbohidrat juga dapat diubah menjadi lemak dalam tubuh. Jika seseorang tidak aktif secara fisik atau tidak berusaha menurunkan berat badan, maka risiko obesitas pun akan semakin meningkat.

Itulah sejumlah bahaya mengonsumsi mie instan bersamaan dengan nasi. Untuk menjaga kesehatan dan mengurangi risiko bahaya tersebut, penting untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, seperti makanan dengan serat tinggi, protein seimbang, serta sayuran segar.

Claudia