blank
Ilustrasi jus bayam. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mengonsumsi serat tentunya baik bagi tubuh karena serat merupakan jenis karbohidrat dalam makanan nabati yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Karena itu berbeda dengan jenis karbohidrat pada umumnya, tubuh sejatinya tidak mampu menguraikan serat menjadi molekul gula yang sederhana.

Oleh karena itu, tubuh pun memerlukan serat guna mengikat air dalam tubuh karena serat dalam makanan ini dapat bergerak menuju ke usus dan mengikat air sehingga pencernaan lancar. Sejatinya, serat ini berfungsi dalam menjaga kesehatan pencernaan dan pada dasarnya serat ini dibagi menjadi dua jenis yakni serat larut air dan serat tidak larut air.

Dilansir dari Suara.com, Serat larut air seperti misalnya pektin, gom dan mucilage yang tercampur dalam cairan yang dikonsumsi ini bisa membentuk massa seperti gel di dalam saluran pencernaan. Kemudian serat dapat membantu dalam mengendalikan gula darah dan menurunkan kolesterol.

Jenis makanan yang mengandung serat larut air di antaranya yakni oat, kacang-kacangan, lentil, apel, dan buah berry. Berbeda dengan serat tidak larut air ini merupakan serat yang dapat membantu dalam pergerakan makanan dalam saluran cerna.

Serat ini pun bermanfaat dalam mengatasi sembelit atau konstipasi dan bisa ditemukan dalam gandum, kacang-kacangan, dan sayuran seperti bayam, kangkung, serta kembang kol. Kebanyakan makanan nabati mengandung serat larut dan tidak larut air, namun jumlahnya mungkin berbeda-beda. Seperti dirangkum dari Hellosehat, berikut ini adalah manfaat serat bagi kesehatan tubuh.

1. Membuat pencernaan lancar

Salah satu manfaat serat yang utama adalah membuat pencernaan lancar terutama dalam mengatasi sembelit. Apabila mengalami sembelit dan dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan wasir. Dengan mengonsumsi serat ini bisa membuat feses lebih lunak dan bisa dikeluarkan dengan nyaman.

2. Membantu mengontrol kadar gula darah

Serat juga bisa bermanfaat dalam mengontrol kadar gula darah terutama bagi penderita diabetes. Pasalnya, serat larut air ini bisa mengurangi pengosongan lambung dan penyerapan gula oleh tubuh. Apabila penyerapan gula dari makanan turun, maka kadar gula darah pun tidak cepat naik.

Kemudian bagi yang mempunyai penyakit diabetes tipe dua dengan mengonsumsi banyak serat pun bisa mengurangi risiko penyakit diabetes ini.

3. Bisa menurunkan kadar kolesterol

Serat larut air ini juga mempunyai manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau yang disebut LDL (low-density lipoprotein). Di mana serat ini bisa mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan sehingga tubuh dapat menyerapnya. Kemudian, tubuh bisa membuang kadar kolesterol yang berlebihan dalam darah menjadi lebih terkontrol.

Claudia