Pj Bupati Jepara Edy Supriyantasaat menerima Forum Komunikasi Penggiat Pariwisata Jepara (Forkompara) di Ruang Command Center, Selasa (23/7/2024).. Foto: Kmf

JEPARA (SUARABARU.ID) – Pj Bupati  Jepara Edy Supriyanta terus mendorong keterlibatan masyarakat untuk mengembangkan berbagai potensi pariwisata yang ada di daerah, guna mendukung pertumbuhan ekonomi. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menampilkan budaya lokal, sehingga banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ke Jepara.

Hal tersebut diungkapkan saat menerima Forum Komunikasi Penggiat Pariwisata Jepara (Forkompara) di Ruang Command Center, Selasa (23/7/2024).

Hadir dalam kesempatan tersebut Assisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Heri Yulianto, Kepala Disparbud Eko Uddyono, Kepala Bappeda Hasanudin Hermawan. Selain itu, juga hadir Kabag Perekonomian Fery Yudha Adhidarma, Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda.

Edy Supriyanta menambahkan, kita harus kreatif dan inovatif dalam mengelola tempat wisata. Apapun bisa dilakukan, misalnya bekerjasama dengan pihak swasta, dan menampilkan berbagai pertunjukan di tempat wisata.

“Kita harus kreatif dan inovatif mengelola tempat wisata. Hal ini akan menarik wisatawan luar daerah untuk berkunjung ke Jepara,”tuturnya.

Perwakilan Forkompora, Tomi menyampaikan, nantinya BPPD siap menjadi koordinator dalam promosi kepariwisataan bersama dunia usaha. Selain itu, meningkatkan citra kepariwisataan daerah.

Tomi  menegaskan, akan melakukan pendampingan kepada masyarakat dan unsur pendukung, dalam mempromosikan pariwisata di Jepara. Tidak hanya itu, jika BPPD sudah dibentuk, akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.

“Kami siap menjadi mitra Pemerintah Kabupaten Jepara, membangun citra Jepara sebagai destinasi wisata yang layak dikunjungi,”ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Eko Uddyono menjelaskan, berbagai upaya telah dilakukan, agar menarik wisatawan mau datang ke Jepara. Seperti pada 10 Agustus diadakan Festival 1000 lampion di Pantai Bandengan.

“Di tempat wisata kita tampilkan bebagai pertunjukan. Bulan Agutus ada festival lampion. Rencananya kita juga kedatangan band ternama Dewa 19, Deni Cak Nan, dan juga NDX AKA,”jelasnya.

Hadepe