Personel dari Satlantas Polres Wonogiri (berdiri kiri), memberikan edukasi tentang pentingnya berdisiplin mematuhi aturan lalu lintas kepada para siswa SMK Negeri 2 Wonogiri.(Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para siswa diberi edukasi tentang pentingnya berdisiplin mematuhi peraturan lalu lintas. Demikian yang dilakukan Tim Satlantas Polres Wonogiri, Selasa (23/7/24), saat melakukan sosialisasi Operasi Patuh Candi 2024 di SMK Negeri 2 Wonogiri.

Kapolres Wonogiri AKBP Jarot Sungkowo dan Kasatlantas AKP Edy Prasetyo melalui Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, menyatakan, melalui edukasi yang diberikan Tim Operasi Patuh Polres Wonogiri, para siswa diharapkan dapat meningkat pemahamannya tentang pentingnya mewujudkan keselamatan dan ketertiban dalam berkendara.

Agar para siswa senantiasa mengedepankan aspek tertib berdisiplin mematuhi aturan, sebagai upaya mewujudkan keselamatan dan ketertiban dalam berkendara. Yakni untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya mewujudkan Keamanan Keselamatan Ketertiban Kelancaran Berlalulintas (Kamseltibcarlantas).

Pada kegiatan tersebut, personel dari Satlantas Polres Wonogiri selaku Kasatgas Preemtif Operasi Patuh Polres Wonogiri, secara bergantian memberikan paparan materi sosialisasi kepada pelajar. Yakni dengan menyampaikan 8 prioritas pelanggaran lalulintas, yang menjadi fokus penindakan dalam Operasi Patuh Candi 2024.

Para pelajar diedukasi tentang pentingnya berdisiplin mematuhi peraturan lalulintas, senantiasa menghindari pelanggaran dan berperilaku sebagai pengguna jalan yang bertanggung jawab. Hal ini penting untuk dilakukan, demi tujuan meningkatkan kedisiplinan dalam berlalulintas, serta untuk menekan terjadinya angka kecelakaan khususnya di kalangan pelajar.

“Edukasi ini, bertujuan mengurangi pelanggaran lalulintas dan angka kecelakaan (laka), serta demi terciptanya Kamseltibcarlantas di wilayah Kabupaten Wonogiri,” tandas AKP Anom Prabowo.

Melalui kegiatan ini, diharapkan perilaku tertib berlalulintas yang baik dan aman dapat ditanamkan sejak dini, demi mewujudkan keselamatan bersama. ”Kami juga berharap peran orang tua dan guru, untuk memberikan imbauan kepada para pelajar tentang berkendara yang aman,” tandas AKP Anom Prabowo.(Bambang Pur)