Proses pembuatan gambar seni Pari Corek. Foto: IG Pari Corek

KABUPATEN SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sidik Gunawan, sosok petani di Bergas Lor, Kabupaten Semarang terus berkomitmen ingin mensejahterakan kaum petani di wilayahnya.

Gunawan, sapaan akrabnya dalam kesehariannya selalu tampil sederhana, meski dia sebenarnya adalah pemilik usaha kafe yang cukup ternama, yakni Lodji Londo Coffee yang telah sukses dikelola oleh anak angkatnya.

Bahkan Lodji Londo Coffee dengan konsep bangunan Kastil Kerajaan Belanda yang berdiri megah di Jalan Kaprawiran No.98, Sidorejo, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini dibangun sendiri oleh Gunawan dengan ketelatenannya.

Gunawan sendiri memiliki visi misi ingin mensejahterakan para petani yang menurutnya makin hari semakin terpuruk. Pasalnya dengan hanya mengandalkan sawah saja para petani tak bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Sidik Gunawan. Foto: Alex S (FI)

Gunawan mengungkapkan, lahan pertanian merupakan sumber daya utama bagi petani dalam melakukan kegiatan pertanian. Namun di era modern sekarang ini semakin banyaknya pertumbuhan penduduk, lahan pertanian semakin banyak dialih fungsikan menjadi pemukiman, dimana lahan pertanian semakin berkurang, salah satunya berada di Kelurahan Bergas Lor, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang.

Meski masih ada beberapa kalangan masyarakat terutama pemilik lahan persawahan yang masih produktif mempertahankan tanahnya untuk pertanian, dalam bercocok tanam para petani selalu dihadapkan pada masalah alam dan hama, sehingga menjadi kendala bagi petani dalam upaya ketahanan pangan dan kestabilan ekonomi.

Dalam upaya mengatasi hal tersebut, melalui kelompok sadar wisata (pokdarwis), Gunawan memiliki ide mengkombinasikan kegiatan bercocok tanam berarsitektur, terstruktur, yang mempunyai daya jual secara digital.

Melalui komunitas “Pari Corekā€ yakni menanam padi dengan sentuhan seni, kegiatan yang dilakukan oleh beberapa seniman dari Bergas Lor yang merupakan petani lokal ini mengkreasikan dua jenis padi yang ditanam dengan unsur skala, sehingga menghasilkan gambar yang dapat dilihat dengan drone.