Disbudpar Kota Semarang bersama Deswita Pupay dan Lurah Pudakpayung, membedah potensi wisata yang dimiliki wilayah ini. Foto : dok/hs

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, terjun langsung ke wilayah Kelurahan Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, untuk membedah potensi wisata yang dimiliki wilayah itu, Selasa (24/7/2024)

Rombongan Disbudpar Kota Semarang dipimpin langsung Kepala Bidang Kelembagaan Pariwisata, Nurul Fitri Cahyanti SS MM, yang diterima Lurah Pudakpayung Pamirah S ST, Ketua Desa Wisata Pudakpayung, Muhammad, di Balai Kelurahan Pudakpayung.

Turut mendampingi Nurul Fitri, pakar pariwisata Jawa Tengah, Trenggono, serta akademisi dari Udinus, Izza Ulumuddin Ahmad Asshofi SE M MPar CHTMB CHE.

BACA JUGA: Melalui Inovasi Sanak Bassama, Bapas Semarang Sambangi SMPN 9 Beri Pemahaman Bullying dan Narkoba

Bedah potensi dan dialog ini digelar, menyusul dibentuknya Desa Wisata Pudakpayung baru-baru ini. Disbudpar pun sudah mengeluarkan Surat Keputusan (SK), yang dilanjutkan dengan melakukan pendampingan.

Dari bedah potensi wisata dan dialog itu, Nurul Fitri menyatakan, Kelurahan Pudakpayung memiliki objek wisata yang cukup banyak dan beragam. ”Ada objek wisata alam, religius dan budaya serta wisata edukasi. Semua ada disana,” kata dia dalam keterangannya.

Menurut dia, untuk pengembangannya harus dengan skala prioritas. Pilihan utamanya, harus paket wisata dengan objek yang paling potensial dulu.

BACA JUGA: Ratusan Kader Partai Gerindra Kudus Deklarasikan Dukungan untuk Sam’ani-Bellinda

Hal senada juga disampaikan Trenggono. Disampaikan dia, selain memiliki objek wisata alam, religi dan edukasi, di Kelurahan Pudakpayung juga memiliki objek wisata kebudayaan, terutama budaya wayang. ”Ini juga potensi yang bisa dijadikan unggulan,” imbuhnya.

Disarankan Trenggono, untuk mengembangkan potensi yang ada, pihaknya membuka diri untuk bersama sama memajukan pariwisata di Kelurahan Pudakpayung. Kalau ini sudah terwujud, muaranya adalah meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Lurah Pudakpayung Pamirah, bersama pengurus Deswita, Pok Darwis, Camat Banyumanik Eka Kriswanti SH MM, pada Minggu (28/7/2024), akan terjun langsung menyusuri Curug Kedung Kudhu, dan objek wisata Ondorante. Kegiatan ini sekaligus untuk pemetaan objek wisata potensial yang ada.

Riyan