Deklarasi dukungan kader Partai Gerindra Kudus kepada Sam'ani-Bellinda sebagai Cabup-Cawabup Kudus 2024. Foto:ist

KUDUS (SUARABARU.ID) – Ratusan kader dan pengurus struktural Partai Gerindra Kabupaten Kudus mendeklarasikan dukungan untuk Sam’ani Intakoris dan Bellinda Putri Birton sebagai Cabup-Cawabup dalam Pilkada Kudus 2024 mendatang.

Deklarasi dukungan tersebut dilakukan meski sampai sejauh ini DPP Partai Gerindra belum menurunkan rekomendasi siapa yang akan diusung dalam Pilkada Kudus nanti.

Deklarasi dilaksanakan di kediaman Bellinda Putri Birton, di Desa Peganjaran Bae, Rabu (24/7) malam. Dalam acara y tersebut, dihadiri oleh ratusan kader yang sebagian diantaranya merupakan pengurus struktural DPC Partai Gerindra.

Beberapa nama tersebut diantaranya adalah Ketua Bidang OKK DPC Partai Gerindra, Kuswanto, Anggota Fraksi Partai Gerindra Agus Wariono.

“Pertemuan ini adalah atas nama kader, bukan DPC. Tapi yang hadir sebagian besar adalah pengurus struktural baik tingkat DPC, PAC hingga Ranting,”kata Agus Wariono.

Lebih lanjut, Agus Wariono menyebutkan bahwa deklarasi dukungan ini merupakan bentuk aspirasi dari kader-kader Gerindra di tingkat bawah.

Pihaknya berharap, aspirasi ini menjadi bahan pertimbangan bagi DPP untuk menentukan siapa bakal calon yang akan direkomendasikan untuk maju dalam Pilkada Kudus 2024.

“Ini adalah suara kader dan aspirasi dari bawah,”tandasnya.

Dikatakan, dukungan tersebut cukup berdasar mengingat Bellinda adalah kader Partai Gerindra yang dibuktikan dengan adanya KTA. Sehingga sangat wajar, jika para kader Gerindra siap untuk mendukung dalam Pilkada nanti.

Selain itu, kata Agus, pasangan Sam’ani-Bellinda juga sudah mengantongi rekomendasi dari sejumlah partai lain.

Meski demikian, Agus menegaskan bahwa rekomendasi tetap merupakan hak dan kewenangan DPP. Namun, melalui upaya ini diharapkan suara para kader juga nantinya menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan.

“Apapun hasil rekomendasi dari DPP, kami siap untuk mendukung. Tapi sampai saat ini, suara kader di bawah adalah mendukung Sam’ani-Bellinda,”tandasnya.

Sebagaimana diketahui, hingga kini Partai Gerindra belum menurunkan rekomendasi terkait siapa yang diusung menjadi Cabup-Cawabup Kudus 2024.

Hanya saja, isu yang berkembang, rekomendasi Partai Gerindra nanti akan linier dengan peta koalisi dalam Pilgub Jateng yang mana Partai Gerindra sudah bergandengan dengan Partai Golkar untuk mengusung Kapolda Jateng Ahmad Lutfhi sebagai Cagub.

Jalinan koalisi tersebut, bisa jadi akan diikuti dalam pertarungan Pilkada Kudus. Dan nama pasangan Hartopo-Mawahib yang bisa dikatakan merupakan representasi dari koalisi tersebut, mengingat saat ini Hartopo juga sudah ber-KTA Gerindra.

Ali Bustomi