blank
Pengunjung berfoto di sisi replika kerangka fosil Stegodon trigonocephalus, gajah purba yang gadingnya sepanjang 3,7 meter ditemukan di Patiayam. Foto: Widiyartono R.

KUDUS (SUARABARU.ID) – Kita tentu paham, bahwa Jawa Tengah kaya peninggalan bersejarah. Bukan hanya peninggalan masa sejarah baru, tetapi bahkan peninggalan prasejarah dan purbakala pun banyak kita miliki.

Sebut saja peninggalan purbakala di Sangiran, Sragen yang sudah sangat mendunia, dengan homoerectus yang terkenal itu. Kemudian di Gajahan Gabus, Grobogan, dan juga Patiayam di Kudus.

Peninggalan masa purbakala itu tak hanya sekadar menjadi catatan dan sasaran penelitian, tetapi juga menjadi kekayaan wisata yang menarik.

Kali ini, akan kita bicarakan tentang Situs Purbakala Patiayam, yang berlokasi di Pegunungan Patiayam, Dusun Kancilan, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus.

Lokasinya tidak jauh dari jalur jalan Pantura Kudus-Pati, kurang dari 1 km. Ada sekitar 1.500 fosil yang ditemukan di kawasan ini.

blank
fosil tanduk kerbau purba yang tersimpan di Museum Patiayam Kudus. Foto: Widiyartono R.

Sebelum sampai Museum Patiayam, kita disambut dengan patung gajah yang sangat besar di sisi kanan jalan dari arah jalan Pantura. Biasanya pengunjung juga berfoto-foto di sini sebelum atau setelah mengunjungi museum.