blank
Bupati Rembang, Abdul Hafidz memberi semangat kepada lansia. Foto: Dok/Kominfo (22/4/2024)

REMBANG (SUARABARU.ID) – Bupati Rembang, Abdul Hafidz memberikan pengarahan kepada ribuan jemaah calon haji di gedung haji, Senin (22/4/2024).

Kepada calon jama’ah yang sebagian sudah lansia, Bupati meminta tidak perlu khawatir.

Ia menuturkan, berbagai unsur akan mendampingi calon jemaah haji selama beribadah di tanah suci. Seperti pendampingan dari pemerintah, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), termasuk tim kesehatan.

“Sampun jenengan mboten usah kuatir (sudah bapak ibu tidak usah khawatir),” ujarnya.

Hafidz juga menyempatkan waktu untuk berbincang dengan sejumlah calon haji yang menggunakan alat bantu berjalan. Beberapa pertanyaanpun dilontarkan seperti menanyakan kesehatan dan dengan siapa berangkat ke tanah suci.

“Kami memberikan motivasi agar mereka tidak merasa berat, tidak merasa lemah. Nah tadi saya yakinkan semua sama, yang muda jangan merasa lebih kuat karena mudanya, yang tua jangan sampai resah dengan tuanya, karena ada pengalaman banyak yang tua lebih kuat dari yang muda,” ungkapnya.

Sementara itu Siti Rusmiyatun (66), salah satu calon haji warga Desa Sidomulyo Kecamatan Kaliori mengatakan, dirinya menggunakan kursi roda karena sakit syaraf kejepit. Namun keterbatasan itu tidak membuatnya patah semangat.

“Habis operasi, ini sekarang kebas telapak tangan, telapak kaki. Tetap semangat dientosi pinten- pinten tahun kok (ditunggu bertahun-tahun kok),” ucap istri dari Sodikun itu.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Rembang, M. Mukson menyebut, jumlah jemaah calon haji yang dijadwalkan berangkat tahun 2024 ini sebanyak 1.080 orang.

“Kecamatan Bulu 17, Gunem 51, Kaliori 43, Kragan 189, Lasem 67, Pamotan 96, Pancur 27, Rembang 142, Sale 46, Sarang 136, Sedan 162, Sluke 34, Sulang 43 dan Kecamatan Sumber 27,” terang Mukson.

Setelah manasik haji di tingkat kabupaten, nantinya dilanjutkan dengan kegiatan manasik di masing-masing kecamatan, antara tanggal 23 hingga 29 April 2024.

Ning S