blank
(Foto: freepic.com)

Self-Care, disebut juga perawatan diri, tak hanya dilakukan untuk memenuhi kesejahteraan pribadi, namun juga melawan gangguan mental. Menurut versi SUARABARU.ID, ada lima metode yang bisa kita tempuh, yaitu:

1. Physical Self Care
Pentingnya menjaga kondisi fisik bagi kesehatan bisa kita lakukan dengan makan makanan bergizi, berolahraga secara rutin, dan tidur 7-8 sehari. Menjaga keseimbangan tubuh dengan tidak memforsirnya juga tetap menjaga mental tetap sehat.

2. Emotional Self Care
Selain kondisi fisik, kondisi emosional juga harus dijaga dengan cara merefleksikannya melalui karya tulis, karya seni, atau meditasi.

3. Intellectual Self Care
Intellectual Self Care bisa kita terapkan melalui kegiatan favorit seperti mengerjakan hobi, membaca buku favorit, menonton film, atau mengeksplorasi budaya dan bahasa. Kegiatan intelektual yang kita lakukan akan menambah wawasan dan menyegarkan pikiran.

4. Sensory Self Care
Menjaga kesehatan panca indera sangat penting untuk meredakan emosi dan melepaskan penat ketika kita memerlukan kontrol diri. Metode ini bisa kita lakukan dengan cara bersantai di rumah sambil mendengarkan musik, menyalakan lilin dan diffuser arometherapy, atau menghabiskan waktu di alam.

5. Financial Self Care
Menjaga keseimbangan keuangan sangat penting untuk pengontrolan diri antara pemasukan dan keuangan. Cara yang bisa kita lakukan adalah mengatur keuangan pribadi kita dalam pembukuan atau pemilahan finansial.

Alvaros