Tim Robotik Unissula kembali akan berlaga bersama tim robot dari seluruh Indonesia pada Kontes Robot Indonesia (KRI) tahun 2024. KRI 2024 tingkat nasional diselenggarakan secara luring (offline) bertempat di Universitas Muhammadiyah Surakarta mulai tanggal 1 – 5 Juli 2024.

Kegiatan KRI Tahun 2024 diselenggarakan secara bertahap, yaitu Kontes Tingkat Wilayah dan Kontes Tingkat Nasional. KRI Tingkat Wilayah diselenggarakan secara daring (online). Tim Unissula masuk ke dalam wilayah II yang meliputi daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Pada Kontes Robot Indonesia Tingkat Wilayah II yang dilaksanakan pada tanggal 30 Mei sampai dengan 1 Juni 2024, Tim Robotik Unissula berhasil lolos pada 2 divisi, yaitu: Robusa dari divisi Kontes Robot Asian Broadcasing Union Indonesia (KRAI) dan Saroseta dari divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI).

Robusa terdiri atas 2 robot yaitu robot manual yang dijalankan oleh operator dan robot otomatis. Sementara Saroseta terdiri atas sepasang robot humanoid yang dapat melakukan gerakan tari Oleg Tamuliliang dari Bali.

Tim robot Robusa yang terdiri atas Rizki Nur Muhammad Haqa, Haris Aulia Azizi, Rafi Wicaksono, Candra Setiawan (mahasiswa Teknik Elektro) dan Aditya Bachtiar (mahasiswa Teknik Informatika) dengan dosen pembimbing Dr Bustanul Arifin ST MT.

Tim Saroseta yang dibimbing oleh Dr Eka Nuryanto Budisusila ST MT terdiri atas Muhammad Diaz Nur Fariski, Juwita Ayyu Lestari, Anis Lailatul Fitriyah, dan Syadza Tama Yaafi Hakim yang semuanya adalah mahasiswa Teknik Elektro FTI Unissula.

Tiap tahun Tim Robotik Unissula rutin mengikuti KRI sebagai kegiatan dan prestasi non akademik bagi mahasiswa di Fakultas Teknologi Industri (FTI) Unissula. Prestasi telah sering diraih mulai Finalis KRI tingkat nasional, juara tingkat nasional, hingga juara tingkat internasional.

Pada tahun 2016, Tim Robotik Unissula yang mewakili Indonesia berhasil menjadi juara umum kontes Robot International dalam ajang Trinity College International Fire Fighting Home Robot Contest di Oosting Gymnasium Trinity College Ferris Athletic Center, Hartford, Amerika Serikat.

Menurut Dekan FTI Unissula, Dr Ir Novi Marlyana ST MT IPU ASEAN Eng, di tahun ini Tim Robotik telah mempersiapkan riset robotnya sejak awal tahun 2024 secara intensif. Tahapan perancangan, kajian ilmiah, perhitungan, hingga perakitan robot dilakukan dengan baik di kelas maupun di laboratorium. Diharapkan prestasi terbaik dapat diraih pada tahun ini semakin meningkat dari prestasi-prestasi yang telah diraih oleh tim robotik pada tahun-tahun sebelumnya. Selain itu melalui kontes ini diharapkan akan tumbuh sikap kreatif, inovatif, kerjasama serta mampu menerapkan keilmuan dalam bidang rancang bangun dan rekayasa robotika.