Direktur Kantor Urusan Luar Negeri Provinsi Fujian, Tiongkok, Chen Jialin memimpin delegasi bersama jurnalis Fujian Media Group, saat mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong, di Kota Semarang, Selasa 2 Juli 2024. (Foto: Diaz Azminatul Abidin)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sejumlah wartawan dari lintas media di Jawa Tengah kembali bersua dengan wartawan dari Fujian Media Group, Tiongkok, di Kota Semarang, Selasa 2 Juli 2024.

Delegasi dari Pemerintah Provinsi Fujian dan wartawan dari Fujian Media Group akan melakukan Journalist Trip ke sejumlah lokasi di Jawa Tengah, di antaranya Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Klenteng Sam Poo Kong, dan Lawang Sewu di Kota Semarang, Museum Sangiran di Kabupaten Sragen, Kampung Batik Laweyan Kota Solo, dan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang.

Saat mereka mengunjungi objek wisata Sam Poo Kong, dan Lawang Sewu di Kota Semarang, kehangatan antar jurnalis dari dua provinsi di dua negara itu terjalin. Jawa Tengah terasa rumah kedua bagi jurnalis Fujian Media Group dam delegasi Pemerintah Provinsi Fujian, begitupun sebaliknya.

Interaksi, saling sapa, saling mengenal kembali, bertukar informasi hingga canda tawa antar para jurnalis dan pemerintah provinsi Jawa Tengah dan Fujian itu menandakan persahabatan telah terjalin sebelumnya.

Jurnalis dari Fujian Media Group saat mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong, di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa 2 Juli 2024. (Foto: Diaz Azminatul Abidin)

Kota Semarang barangkali tak asing bagi mereka, sebab menjadi kota dengan beragam budaya, suku, agama, dan ras. Secara historis banyak keturunan Tionghoa yang menetap di Kota Semarang dan banyak budaya Tionghoa yang telah berakulturasi dengan Indonesia, Jawa Tengah khususnya.

Ada peninggalan budaya Tionghoa dalam bentuk bangunan seperti klenteng, karakter bangunan rumah orang Tionghoa, jenis kuliner seperti Lumpia, dan lain-lain.

Seperti diketahui, persahabatan antar kalangan jurnalis dari Jawa Tengah itu terjalin usai kunjungan bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ke Fujian, sebuah provinsi di bagian Tenggara Negeri Tirai Bambu, pada Desember 2023.

Direktur Kantor Urusan Luar Negeri Provinsi Fujian, Chen Jialin mengatakan, pihaknya sangat senang sekali berkesempatan membawa delegasi Media di Fujian mengunjungi Jawa Tengah dan Kota Semarang yang disebutnya indah.

Melalui pertemuan mereka yang disambut Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Chen Jialin mengakui merasakan kehangatan dan persahabatan Provinsi Fujian di Tiongkok.

“Provinsi Fujian dan Jawa Tengah, kami telah memiliki hubungan baik selama lebih dari 20 tahun. Jadi bagaimana dengan dua puluh tahun terakhir? Kami saling memandang dengan ramah, lalu apa? Kami telah melakukan pertukaran yang sangat baik di bidang ekonomi dan perdagangan, budaya dan pariwisata, serta pendidikan,” kata Chen di Lawang Sewu, Kota Semarang.

Kehangatan jurnalis lintas media di Jawa Tengah saat menemani wartawan dari Fujian Media Group di Klenteng Sam Poo Kong, Kota Semarang, Selasa 2 Juli 2024. (Foto: Pemprov Jateng)

Saat mengunjungi Kawasan Industri Terpadu Batang, dia melihat beberapa rencana pengembangan kawasan industri tersebut. Kemudian, pada saat yang sama, mereka juga mengunjungi beberapa perusahaan.

Delegasi Pemerintah Provinsi Fujian dan Media menyimak terkait persiapan Kawasan Industri Terpadu Batang cukup matang. Chen melihat lingkungan investasi yang sangat baik, dan ingin perusahaan-perusahaan Tiongkok menjalani hubungan dan pengenalan.

“Oleh karena itu, seiring dengan semakin membaiknya hubungan antara Tiongkok dan Indonesia, maka di bawah kepemimpinan kedua kepala negara, kami akan mendorong terciptanya situasi win-win antara Tiongkok dan Indonesia,” kata dia.

Chen bilang, usai kunjungan pada hari keduanya di Jawa Tengah merasa membuat delegasinya sangat antusias. Kemudian, dia juga merasakan sambutan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan departemen terkait terhadap delegasinya.

“Kami juga menyambut warga Jawa Tengah termasuk Kota Semarang untuk datang ke Fujian. Saat berjalan-jalan, mereka memiliki kesempatan untuk melihat keindahan Fujian kami. Kami dapat berkomunikasi lebih banyak dan lebih banyak bergerak. Terima kasih,” kata dia.

Delegasi Pemerintah Provinsi Fujian dan Media bersama Perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa tengah dan jurnalis berfoto bersama daat di objek wisata Lawang Sewu, Kota Semarang, Selasa 2 Juli 2024. (Foto: Pemprov Jateng)

Di tempat yang sama, Perwakilan Biro Kerjasama Luar Negeri Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Eka Agustine mengatakan bila Jawa Tengah dan Fujian merupakan provinsi yang lama bersahabat lebih dari dua dekade.

Persahabatan yang terbangun tidak hanya pada bidang ekonomi, namun juga antar seseorang dengan lainnya dari dua negara yang berbeda.

Fujian, kata Eka, seperti rumah kedua sehingga membuat hubungan terasa dekat. Tahun lalu Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama sejumlah media di Jawa Tengah telah mengunjungi beberapa kota di Fujian, seperti Fuzhou, Quanzhou, dan Xiamen.

“Ini menjadi momen persahabatan untuk program-program kedua provinsi dan kedua negara. Tentunya selain itu hubungan erat antar orang dan orang, jurnalis dan jurnalis untuk saling mengenal dan bersahabat,” kata dia.

Diaz Azminatul Abidin