blank
Api membumbung tinggi dari lantai tiga Swalayan Aneka Jaya Kendal.(FOTO:SB/Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)– Swalayan Aneka Jaya yang berada di Jalan Raya Soekarno Hatta, Langenharjo Kendal, dilalap si jago merah, Senin(11/07/2022) sore.

Meski kebakaran ini cepat padam setelah tiga mobil pemadam kebakaran dari Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran(Satpolkar) Kabupaten Kendal datang ke lokasi, Namun seorang tukang las bernama Patmono(42) warga Kedungpane Semarang, meninggal dunia di lokasi kebakaran akibat terkepung api.

Anur(59) warga RT 06/ 05 Kelurahan Langenharjo, mengatakan, peristiwa kebakaran ini terjadi sekitar pukul 16.00. Saat itu, api terlihat mengepul dari atas lantai tiga Swalayan Aneka Jaya tersebut.

Pihaknya sempat panik melihat kepulan asap yang membumbung tinggi, karena swalayan itu berada tak jauh dari rumah miliknya. Beruntung, setelah tiga mobil Satpolkar datang ke lokasi, api lambat laun bisa dipadamkan.

“Saya tidak tahu persis penyebab kebakaran swalayan ini. Banyak orang bilang, jika kebakaran diduga konsleting arus pendek listrik, karena di lantai tiga swalayan tersebut sedang dilakukan renovasi,”kata Anur.

Menurut Anur, setelah tiga mobil pemadam kebakaran ini silih berganti mengambil air dari sungai yang ada tak jauh dari lokasi, api lambat laun surut dan akhirnya tak lebih dari 15 menit padam.

Sementara itu, Yunita(35) salah satu karyawan Swalayan Aneka Jaya, yang dimintai keterangan terkait kebakaran ini, mengaku tidak tahu penyebab kebakaran ini. Ia tahu, setelah melihat banyak karyawan lain lari ke luar dari ruangan untuk menyelamatkan diri.

“Saya tidak tahu penyebab kebakaran ini. Apalagi yang terbakar di lantai tiga. Sementara saya bekerja di lantai satu,”kata Yunita.

Yunita mengaku, dimungkinkan kebakaran ini diduga disebabkan oleh percikan api las yang menetes pada styrofoam yang mudah terbakar, karena di lantai tiga ini sedang dilakukan perbaikan termasuk pengelasan besi untuk permainan anak- anak.

Tak ada yang bisa dimintai keterangan terkait kebakaran lantai tiga Swalayan Aneka Jaya ini, karena anggota polisi Polres Kendal juga masih melakukan pendataan di lokasi. Terlebih, dimintai keterangan terkait meningalnya tukang las bernama Patmono(42) warga Kedungpane, Semarang ini. Sapawi