Para peserta dan panitia Festar (Foto: Hisyam)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Belum lama ini Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Unisnu Jepara menggelar Festival Tarbiyah (Festar) setelah selama 2 tahun vakum dikarenakan pandemi Covid-19. Ini merupakan terobosan yang belum pernah ada sebelumnya. Sebab tahun ini FTIK berkolaborasi bersama antar prodi.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Dekan 1 Husni Mubarok, S.Pd.I., M.Pd. saat membuka acara. “Melalui Festar ini diharapkan mahasiswa memiliki semangat tinggi dan jiwa sosial tinggi merangkul masyarakat menyemarakkan kegiatan,” ujarnya. Melalui perayaan ini, diharapkan ada keinginan bagi para siswa SMA/SMK/MA untuk bergabung dan berkuliah di Unisnu khususnya di FTIK Unisnu, imbuhnya.

Wadek 1 FTIK Unisnu Husni Mubarok, S.Pd.I., M.Pd. (Foto: Hisyam)

BEM FTIK berkolaborasi dengan ormawa FTIK meliputi HMPS PAI, HMPS PBI, HMPS PGPAUD, HMPS PGSD, BANDT@, LPM IDEA, & AL KHIDMAH sukses menyelenggarakan Festival Tarbiyah.

Festar ini merupakan terobosan baru di tahun 2022 yang semula bernama Edufest. Festar ini juga digelar sebagai perayaan harlah FTIK bertajuk Pendidikan sebagai Media Pembentukan Karakter Bangsa yang Membudaya.

Gubernur BEM FTIK Yuyun Fitriah menyampaikan tujuan acara ini digelar. ”Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan karakter bangsa melalui pendidikan, mengatasi krisis moral yang saat ini sedang marak juga menyerang mahasiswa jika tidak difilter dengan kegiatan positif, serta mewujudkan wawasan yang dapat mengadopsi model-model pendidikan karakter untuk membangun karakter mahasiswa,” ungkapnya.

Para pemenang lomba (Foto: Hisyam)

Rangkaian acara digelar meliputi webinar nasional, bazar, dan lomba-lomba. Adapun lomba-lomba yang digelar yakni lomba rebana, lomba fashion show tingkat SMA sederajat se Karesidenan Pati, dan lomba essay tingkat nasional.

Sebagai penutup dan sekaligus puncak acara Festar 2022, juara lomba serta penyerahan hadiah diumumkan. Lalu ditutup dengan pentas seni oleh mahasiswa. Peserta yang hadir melebur dalam satu harmoni lewat penampilan guest star dari Balastik Al Zulfa Jepara dan Band Skaustik.

Adapun pemenang lomba Esai Nasional yaitu Juara 1 diraih oleh Ulul Albab dari Universitas Islam Negeri KH Abdurrahman Wahid Pekalongan, juara 2 diraih oleh Muhammad Saddam Reski S dari Universitas Tadulako, Juara 3 diraih oleh Rahmat Akbar dari Universitas Diponegoro, dan Juara Harapan Alfian Ainun Nikmah dari IAIN Kudus.

Pemenang lomba Rebana se-Kabupaten Jepara yaitu Juara 1 diraih oleh Nurul Ismi dari SMA N 1 Tahunan, Juara 2  diraih oleh Jamama  dari Matholibul Huda Mlonggo, dan Juara 3 diraih oleh Al-Khaidir dari MAN 1 Jepara.

Pemenang Lomba Fashion Show se-Karasidenan Pati yaitu Juara 1 diraih oleh Gladysta Ovka Felisha Aveira dari SMA N 1 Pecangaan, Juara 2 diraih oleh Meisa Elok dari MAN 1 Jepara, dan Juara 3 diraih oleh Anindiya Rahma Suwigyo dari SMKN 2 Jepara, Juara Harapan 1 diraih oleh Muhammad Valerino Vitran dari SMK Raden Umar Said Kudus, dan Juara Harapan 2 diraih oleh Adhyra Kharis Aulia dari SMKN 1 Jepara.

 

Alvaros- Hisyam Nasyith