Para juara Lomba Cerdas Cermat (Foto: Dikpora)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dalam rangka program Kerja Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Jepara tahun 2022, Dinas Dikpora menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat Museum  (LCCM) jenjang SMP Tingkat Kabupaten Jepara Tahun 2022. Kegiatan ini  bertempat di aula 1 dan 2 Dinas Dikpora Kabupaten Jepara pada hari ini Selasa (14/6-2022).

Sekretaris Dikpora Ali Hidayat mewakili Plt Kepala Dinas Dikpora membuka acara di depan peserta yang terdiri atas 42 regu mewakili masing-masing sekolah. Setiap regunya mewakili 3 siswa.

Ali Hidayat menyampaikan LCCM bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kreatifitas dari peserta didik jenjang SMP se Kabupaten Jepara tentang kebudayaan Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, dan permuseuman.

BACA JUGA Pemilu Jadi Arena Musyawarah Besar Rakyat Indonesia

Sementara itu, Kabid SMP Ahmad Nurrofik menyampaikan LCCM dilaksanakan dalam 2 babak, yaitu penyisihan. “Peserta mengerjakan 100 soal pilihan ganda dan 3 soal uraian secara tertulis,” ujarnya. Penentuan nilai tertinggi diambil 3 regu dengan nilai tertinggi untuk maju ke babak grand final. Penentuan juara dalam grand final menggunakan metode cerdas cermat meliputi 3 tahapan soal yaitu wajib, lempar rebut dan rebutan, imbuhnya.

Para juri ajang Grand Final ini yaitu Sutrisna, Upik Setyawan dari unsur Pengawas SMP serta Lia Supardianik (Disparbud).

Juara 1 diraih oleh Aqila Alaya Ramadhani Tamariska Ayuningtyas, dan Arfa Alunggah Mustofa dari SMP Negeri 1 Mlonggo. Juara 2 diraih oleh dari SMPN 2 Jepara yang terdiri dari Muhammad Fuad Hasan, Syakira Na’ma, Thabita ayu Faragetta. Juara 3 Silvatul Nihayah, Catur Ragil, dan Ulya Najwal dari SMPN 1 Pecangaan.

Para juara mendapatkan piala dan piagam penghargaan, uang pembinaan sebesar Rp 2.500.000 untuk juara 1, Rp 2.250.000 untuk juara 2, dan 2.000.000 juara 3. Selanjutnya juara 1 akan mewakili Kabupaten Jepara untuk mengikuti LCCM Tingkat Provinsi Jawa tengah di Museum Ranggawarsita pada tanggal 3 Agustus 2022.

Alvaros