blank
Para peserta Pelatihan di Balatkop Provinsi Jawa Tengah (Foto: Balatkop)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pelatihan Desain Fashion Tingkat Lanjut dan Batik Mahir resmi dibuka pada hari ini, Senin (13/6-2022). Acara ini bertempat di Aula Teratai Gedung Balatkop UKM Provinsi Jawa Tengah di kota Semarang.

blank
Dra. Ema Rachmawati, M.Hum Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah (Foto: Balatkop Jateng)

Kedua pelatihan ini diikuti oleh masing-masing 25 peserta dengan durasi waktu karantina yang berbeda, yaitu 6 hari pelaksanaan pelatihan Fashion Tingkat Lanjut dan 10 hari pelaksanaan pelatihan Batik Mahir.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah Dra. Ema Rachmawati, M.Hum. memberikan motivasi kepada 50 peserta yang hadir dalam pelatihan tersebut. “Melalui pelatihan ini, peserta diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kapasitas produk,” ujarnya sekaligus membuka acara.

blank
Peserta pelatihan Fashion dan Batik (Foto: Balatkop)

Acara pembukaan ini juga dihadiri oleh Kepala Pelatihan Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah Hatta H. Yunus, S.STP, M.Si dan pengajar yaitu Ester Setyorini dari Batik Tinularsih Temanggung dan Pinky Hendarto dari LPTB Susan Budihardjo.

Menurut Ema Rachmawati, peserta pelatihan harus punya keberanian melihat dan mencoba hal-hal baru. “Kembangkan inovasi dan berani mencoba,” tegasnya. Referensi desain yang ada di Pinterest bisa menjadi acuan untuk berinovasi dan berkreasi, imbuhnya.

Adapun materi kegiatan yang diikuti oleh peserta pelatihan Desain Fashion Tingkat Lanjut meliputi pengetahuan busana sistem tailoring, pengambilan ukuran sistem tailoring, pembuatan pola sistem tailoring, pemotongan bahan utama dan bahan pelapis, menjahit, pembuatan saku, pemasangan lapisan, penghitungan HPP, dan penggunaan media sosial sebagai media pemasaran digital.

Sementara, materi kegiatan pelatihan Batik Mahir meliputi teori dan praktik mordanting pada kain, pengembangan desain motif batik berdasarkan kekhasan suatu daerah dan penerapan desain motif batik sesuai pola, dan mencanting halus.

sebagai informasi tambahan, para pelaku UKM yang berminat mengikuti pelatihan bisa mendaftarkan diri melalui aplikasi SiPentol Balatkop atau bisa melalui balatkop-umkm.jatengprov.go.id/e-registration.

Alvaros – Ferry/Ardy/Try