blank
Danramil 01/Jepara Kapten Inf Alex Efendi membuka acara pagelaran seni dengan menabuh gong (Foto: Alvaros)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Bertepatan dengan Hari Kelahiran Pancasila, komunitas seniman yang tergabung dalam Perupa Art Jepara rupa menggelar pameran karya seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi bertajuk Ngejawantah di Gallery Perupa Artshop Jl. Dr. Sutomo No.11 Jepara, Rabu (1/6-2022).

blank
Alex Effendi, Totok Sunarto, Zain Mustaqim, dan Sumidi (Foto: Alvaros)

Acara ini diselenggarakan selama 5 hari pada tanggal 1-5 Juni 2022 dengan rangkaian acara yaitu ceremonial launching artshop dan Gallery Bersama, exhibition gelar Perupa Art Jepara, pemutaran film dokumenter “Rupa Manusia” bersama DeKaSe (Dewan Kesenian Semarang), hunting foto bersama komite fotografi DKD Jepara, dan menggambar bersama seniman rupa dan anak-anak.

blank
Kustam Eka Jalu Ketua DKD Jepara (Foto: Alvaros)

Hadir dalam pembukaan acara Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Arh Tri Yudhi Herlambang yang diwakili oleh Danramil 01/Jepara Kapten Inf Alex Efendi, Danramil Koramil Keling Inf Sumidi, Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Jepara Kustam Eka Jalu, pematung Dwik Tunggak, Sekretaris Yayasan Kartini Indria Mustika, para pelaku seni, pegiat seni, dan peminat seni.

blank
Danramil 01/Jepara Kapten Inf Alex Efendi saat berkeliling menikmati karya seni di Gallery Artshop (Foto: Alvaros).

Ketua panitia Totok Sunarto menyampaikan pagelaran ini bertujuan untuk membangkitkan semangat para pegiat seni dalam satu jiwa Pancasila. “Kami Komunitas Art Jepara membangkitkan menyelenggarakan kegiatan ini sesuai jiwa Pancasila yang lahir pada hari ini,” ujarnya.

blank
Tarian Kuda Lumping (Foto: Alvaros)

Kapten Inf Alex Effendi  berpesan kepara komunitas seniman bahwa mempererat persaudaraan itu tak mudah. “Semoga kita bisa selamanya mempererat persatuan dan kesatuan dalam sebuah ekspresi ide yang sama dalam karya seni,” harapnya. Semoga wadah pagelaran seni akan selalu ada dan bertambah langkahnya sehingga menambah komunitas, imbuhnya saat membuka acara dengan menabuh gong secara simbolis.

blank
Berfoto bersama duo remaja berkostum Garuda (Foto: Dwik T)

Kustam Eka Jalu Ketua DKD Jepara menyampaikan falsafah Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa  pancasila sbg pandangan hidup bangsa harus diwujudkan. “Pancasila tak hanya sekadar simbol belaka, namun harus ditunjukkan dan dibuktikan untuk memenangkan ideologi Pancasila. Yakni pemersatu bangsa,”  pesannya.

blank

Pagelaran Artshop ini, kata Kustam, membuktikan bahwa Pancasila hidup di muka bumi Indonesia melalui kesenian dan untuk memajukan kesenian Indonesia.

blank

Acara launching Gallery Artshop ini dimeriahkan dengan sambutan duo Garuda di pintu Gallery Artshop, tarian Kuda Lumping oleh pegiat komunitas Artshop dan pembacaan puisi oleh Ronji Nakasoni berjudul “Sang Perupa.”

Alvaros