Para peserta pelatihan Kegiatan keterampilan Produktif di Balatkop Semarang (Foto: Balatkop Semarang)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kegiatan pelatihan keterampilan Produktif yang diselenggarakan oleh Balatkop Semarang merupakan perwujudan visi Gubernur Jawa Tengah menuju Jawa Tengah Sejahtera dan Berdikari.

Dra. Ema Rachmawati, M.Hum. Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah (Foto: Balatkop Semarang).

Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Teratai Balatkop Semarang selama 5 hari mulai tanggal 17 Mei 2022 Selasa (17/5-2022).

Pelatihan dilaksanakan selama 5 hari dengan mengusung dua kegiatan pelatihan yaitu Food Dessert dan Craft Shibori. Masing-masing kelompok peserta terdiri atas 25 peserta craft shibori dan 25 peserta craft food dessert dari berbagai daerah di Jawa Tengah.

Karya para peserta UKM yang dipamerkan (Foto: Alvaros).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah Dra. Ema Rachmawati, M.Hum., Kepala Balai Pelatihan Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah Hatta Hatnansya Yunus, S.STP, M.Si., Wakil Rektor III Universitas Stikubank Dr. Elen Puspitasari, SE, M.Si dan Narasumber Craft Shibori Jeanne Patalala dari Jeni Collection.

Pelatihan shibori (Foto: Balatkop Semarang)

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah Ema Rachmawati dalam sambutannya menyampaikan kreativitas dan menjaga kualitas penting dalam menarik kepercayaan pelanggan. “Kita harus memiliki kreasi. Selalu perhatikan ketelitian dan kedetilan untuk mempertahankan kualitas,” pesannya. Semoga para peserta dapat memetik manfaat dari kegiatan pelatihan ini, imbuhnya.

pelatihan pembuatan dessert (Foto: Balatkop Semarang)

Sementara materi pelatihan Shibori Craft terdiri atas teori tentang berbagai macam bahan baku yang dapat diolah menjadi handycraft, teori tentang berbagai macam produk handycraft, praktik pembuatan desain dan pola produk handycraft, dan praktik pembuatan produk handycraft. Sedangkan materi pelatihan Dessert berupa praktik memasak produk Kontinental Dessert, yaitu klappetart, dessert box, apple struddle, eclairs with dipomat cream, assorted pudding, dan choco banana puff.

Alvaros