blank
Niken Ichtiaty Nur Aziz setelah dikukuhkan menjadi Bunda Literasi Kota Magelang,foto bersama dengan Wali Kota Muchamad Nur Azis, Kepala Disperpusip Arif Barata Sakti dan undangan lainnya, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang mengukuhkan Niken Ichtiaty Nur Aziz sebagai Bunda Literasi Kota Magelang, di kantor Disperpusip, Selasa (17/5).
Istri Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz itu akan mengemban tugas pada masa bakti 2021-2024.

Pengukuhan dilakukan oleh Wali Kota Magelang, dihadiri Wakil Wali Kota M Mansyur, Sekda Joko Budiyono, sejumlah pejabat terkait dan tamu undangan.

Kepala Diperpusip Kota Magelang, Arif Barata Sakti menjelaskan, pengukuhan Bunda Literasi ini dimaksudkan untuk memunculkan role model sebagai garda terdepan dalam meningkatkan budaya baca dan menggeliatkan literasi di Kota Magelang.

Harapannya, figure Bunda Literasi ini memiliki peran menumbuhkan generasi yang literate, berkarakter di lingkungan keluarga dan satuan pendidikan sehingga terwujudnya masyarakat maju, sehat dan bahagia.

“Melalui Pengukuhan Bunda Literasi Kota Magelang akan terjalin kerjasama dan sinergitas kegiatan TP-PKK dengan Disperpusip dalam mewujudkan budaya literasi di Kota Magelang,” ungkapnya.

Kegiatan ini sekaligus penyerahan tropi Lomba Pengelola Perpustakaan/ Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Kota Magelang tahun 2022 yang telah dilaksanakan pada April lalu, di mana Bunda Literasi sebagai salah satu juri.

Juara 1 di raih Muhammad Atik Pustakawan SMP Negeri 3. Juara dua Amarylise Magnifiza Casare Ganz, Pengelola Rumah Baca Mc.Ganz. Juara tiga Dian Rina Harjanti, Pustakawan SMP Negeri 9.

Juara harapan 1 Sulistya Nur Ginanjar, Pustakawan Universitas Muhammadiyah Magelang, Juara Harapan 2 Erna Hidayati, Pustakawan SMP Negeri. Juara harapan 3 Tetik Widyaningsih, Pengelola Perpustakaan Kelurahan Jurangombo Selatan.

Wali Kota Magelangl Muchamad Nur Aziz menyatakan, pemerintah dan jajarannya berkomitmen bergerak bersama meningkatkan budaya baca di Kota Magelang demi terciptanya masyarakat yang cerdas, kreatif dan inovatif.

“Tentunya Bu Niken harus jadi lokomotif, tidak malah semakin menurun, harusnya inovasi muncul,” ujarnya

Niken Ichtiaty setelah diamanahi menjadi Bunda Literasi akan mengajak seluruh komponen terkait seperti PKK dan Bunda PAUD untuk bersama-sama meningkatkan minat baca di kalangan rumah tangga maupun anak-anak.

“Yang menjadi PR, kita akan membuat duta literasi untuk kalangan milenial,” ungkapnya.

Penulis : Prokompim/Pemkotmgl
Editor. : Doddy Ardjono