Kapolres Magelang (tengah) berjalan kaki mengawal arak-arakan Waisak dari Candi Mendut ke Borobudur, Senin. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Rangkaian peringatan Waisak 2022 oleh Umat Buddha yang terpusat di Candi Mendut dan Borobudur, Kabupaten Magelang, berjalan lancar. Hal itu tidak lepas dari peran serta pengamanan jajaran Polres Magelang.

Mulai dari tibannya Air Suci dan Api Abadi di Candi Mendut pada Minggu 15 Mei 2022. Penjagaan dan pengawalan jajaran Polres Magelang juga tampak di lokasi.

Selanjutnya pada Senin pagi 16 Mei 2022, sekitar pukul 04.30 WIB dilakukan sterilisasi oleh Tim Jibom Sat Brimob Polda Jateng dan Tim Satwa Polres Magelang. Lokasinya terpusat di Candi Mendut dan pelataran Candi Borobudur.

Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun mengungkapkan bahwa dalam pengamanan Hari Raya Waisak tahun ini diterjunkan 962 anggota. Jumlah tersebut dari TNI, dinas terkait dari Pemda, serta diback-up dari Polda Jawa Tengah dan Polres wilayah tetangga.

“Untuk senin pagi kami juga amankan pelaksanaan kirab Air Suci dan Api Abadi dari Candi Mendut menuju pelataran Candi Borobudur. Arus lalu lintas dialihakan dan dijaga oleh petugas,” katanya.

Kemudian, lanjut Kapolres, pihaknya juga melakukan pengamaman di area utama perayaaan Waisak di pelataran Candi Borobudur. “Saat kegiatan Dharmasanti yang merupakan rangkaian peringatan hari Tri Suci Waisak Nasional 2566 BE, petugas juga berjaga di sana. Sejumlah tamu undangan negara hadir dalam kegiatan tersebut,” imbuhnya.

Untuk Senin malam (16/5/2022), lanjutnya, petugas juga mengawal berjalannya pelepasan Lampion Waisak dari pelataran Candi Borobudur yang dilakukan sebanyak dua kali. Pelepasan lampion secara simbolis dilakukan Ketua Umum DPP Walubi S Hartati Moerdaya, Menteri Agama RI, Menteri Parekraf, Menteri PPPA, Perwakilan Kemendikbud, Perwakilan Menko Marves, Perwakilan Kapolri, Perwakilan Panglima TNI, Pangdam IV Diponegor, Kapolda Jateng, Gubernur Jateng, Wagub DIY, Bupati Magelang, Kanwil Kemenag Jateng, Dubes Sri Lanka, Para Bhikkhu Sangha dan tokoh Agama Buddha.

Kapolres Magelang menegaskan bawha pengamanan rangkaian Waisak Nasional 2566 BE /2022 yang dilaksanakan Polres Magelang berjalan aman dan kondusif.
“Pengamanan yang menerjunkan ratusan personel gabungan tersebut berhasil menciptakan situasi Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas yang aman dan kondusif,” tegasnya.

Dia menilai pengamanan Waisak dapat dilaksanakan dengan baik, sesuai rencana. “Alhamdulillah, arahan dari pimpinan dapat dilaksanakan secara maksimal, termasuk keberadaan anggota di sektor penugasan yang telah diploting dapat tergelar dan mampu menampilkan kehadiran polisi di tengah kegiatan peribadatan,” katanya.

Ketua umum DPP Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), Siti Hartati Moerdaya, pada acara Dharma Santi Tri Suci Waisak 2566 BE/2022 di Taman Lumbini kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Senin (16/5/2022) malam menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak Kepolisian yang telah memberikan atensi penuh terhadap pelaksanaan perayaan Waisak yang digelar mulai tanggal 14 hingga 16 Mei2022.
“Kami mengucapkan beribu terima kasih kepada jajaran Kepolisian yang telah memberikan dukungan penuh dengan melaksanakan pengamanan pada perayaan Tris Suci Waisak 2566 BE/2022. Dimulai dari Bhakti sosial penyaluran sembako kepada masyarakat di sekitar Candi Borobudur pada 14 Mei 2022 hingga pada seluruh rangkaian dan berakhirnya perayaan Tri Suci Waisak ini,” ungkapnya.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada TNI, instansi terkait, serta penitia, yang turut memberikan dukungan, sehingga semua rangkaian kegiatan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Eko Priyono