blank
Dr. H. M. Fakhruddin

Oleh: Dr. H. M. Fakhruddin

Ramadhan hampir usai, lebaran telah menjelang. Saatnya kita memanen apa yang telah dilakukan selama bulan Ramadhan yakni kita mendapatkan ridlo dan pahala dari Allah SWT. Juga apabila kita dapat menjalankan puasa secara benar dengan dilandasi keikhlasan diri semoga kita akan menjadi sehat dan tercegah dari beberapa penyakit selama sebelas bulan ke depan sebagaimana Hadits Nabi “ berpuasa supaya menjadi sehat”.

Berpuasa secara sehat dan benar dengan memperhatikan menu gizi seimbang, perbanyak sayur, buah, olah raga dan istirahat yang cukup serta selalu mendekatkan diri pada Allah dengan ibadah malam akan menjadikan tubuh dan pikiran sehat dan bugar.

Sebulan berpuasa akan menjadikan sistem pencernaan menjadi sehat, mencegah penyakit karena problem makanan, daya tahan tubuh meningkat, otak semakin cerdas, fungsi hormon optimal serta dapat menghilangkan kebiasaan merokok dan minum alkohol. Setelah puasa apakah kita bisa menjaganya?

BACA JUGA Idul Fitri Kembali Normal Saat Sebelum Pandemi, Pesta Lomban Terbuka untuk Umum

Berikut ini tips tetap sehat selama lebaran:

  1. Makanlah secukupnya dan tidak berlebihan.
  2. Makanan harus seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, mineraldan vitamin.
  3. Perbanyak minum, sayur dan buah.
  4. Hindari makanan pantangan bagi penderita penyakit tertentu.
  5. Hati-hati makanan jajanan, pilih yang bersih, tidak basi, tertutup dan terhindar dari lalat.
  6. Biasakan cuci tangan dengan sabun sebelum makan.
  7. Hindari aktifitas yang berlebihan dan istirahat yang cukup.
  8. Tetap olah raga teratur.
  9. Siapkan dan selalu minum obat resep dokter bagi penderita penyakit tertentu.
  10. Jika sakit berkelanjutan, segera konsultasi dan berobat ke dokter.

Nasihat tersebut sebenarnya sama persis bila kita menerapkan quran dalam kehidupan kita sehari-hari maka niscaya kesehatan kita akan terpelihara. QS. Thahaa (20) ayat 81 yang artinya, “Makanlah diantara rezeki yang baik yang telah Kami berikan kepadamu, dan janganlah melampaui batas padanya, yang menyebabkan kemurkaanKu menimpamu. Dan barang siapa ditimpa kemurkaanKu, maka binasalah ia.”

BACA JUGA Tips Sehat Bugar Saat Lebaran, Perhatikan Prinsip 3J

Hal ini sejalan dengan, QS. Al Baqarah (2) ayat 168 berbunyi, “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu”.

HR Muslim, dalam hadisnya menyampaikan tips puasa sebagai solusi untuk menghindari penyakit selama lebaran, “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.”

Saat lebaran banyak makanan, bila tidak puasa pasti kita lahap semua. Tapi jika saat berlimpah makanan kita berpuasa, maka insyaAllah kita dapat menahan nafsu untuk makan berlebihan dan mampu mengatur pola makan.

Maka beruntunglah bagi yang melakukan puasa Syawal, semakin dekat dengan Allah, juga akan semakin sehat.

Penulis adalah anggota IDI Cabang Jepara FKTP BPJS Kesehatan Bangsri