blank
Ilustrasi gorengan. Foto: Pixabay

JAKARTA (SUARABARU.ID)- Pada bulan Ramadan, masyarakat biasanya memborong berbagai jenis makanan untuk menyajikan beragam makanan saat berbuka ataupun sahur.

Meskipun tubuh memerlukan asupan lebih saat berpuasa, namun jangan sampai hal itu justru menimbulkan penyakit. Jangan sampai karena hanya ingin memuaskan hasrat tubuh saat berbuka atau sahur, kesehatan tubuh tidak diperhatikan.

Dilansir dari Poskota.co.id, saat berbuka dan sahur, jangan hanya memperhatikan hidangan yang akan Anda santap enak dan menyegarkan.

Baca Juga: 7 Tips Puasa Sehat yang Perlu Anda Ketahui

Perhatikan juga apakah hidangan yang akan disantap menyehatkan atau justru memberi pengaruh buruk bagi tubuh, sehingga puasa Anda berjalan dengan tidak baik. Berikut ini telah kami rangkum, 6 hidangan yang perlu dihindari selama menjalani puasa.

1. Mie instan

Saat persediaan lauk saat sahur tidak memadai dan waktu sahur semakin sedikit, mie instan biasanya menjadi solusi. Bukan tanpa sebab, mie instan terkenal praktis penyajiannya.

Namun, mengonsumsi mie instan saat menjalani puasa justru akan membuat masalah pada tubuh, terutama saat sedang berpuasa. Mengonsumsi mie instan saat puasa membuat tubuh harus bekerja lebih keras.

Baca Juga: Tips Turunkan Resiko Rasa Lapar Hingga Lesu Saat Berpuasa

Nutrisi dari mie instan sulit diserap oleh tubuh dan rasa kenyang yang dihasilkan juga hanya sementara. Jadi, kurangilah konsumsi mie instan saat sahur dan berbuka.

2. Makanan yang banyak mengandung gula

Sudah sepatutnya makanan yang mengandung banyak gula harus dihindari saat berbuka dan sahur. Gula memang menyumbang asupan energi yang dibutuhkan oleh tubuh, namun hanya sekitar 500 kalori dari sekian banyak gula yang mampu diserap oleh tubuh.

Konsumsi gula yang berlebihan sangat tidak baik bagi tubuh dan membuat tubuh menjadi cepat haus. Memang tidak mudah untuk menghindari gula jika sudah terbiasa.

Baca Juga: Lima Tips Efektif Menghilangakan Lemak Pada Perut

Solusi yang bisa dipilih yaitu, dapat dilakukan secara perlahan dengan mengganti makanan yang berbahan pemanis buatan dengan buah-buahan, yang manisnya alami.

3. Makanan yang digoreng

Ketika berbuka puasa, gorengan menjadi makanan pembuka yang sangat nikmat. Makanan yang digoreng memang cepat dan parktis untuk disajikan.

Tanpa disadari, gorengan membuat Anda ketagihan mengonsumsinya. Padahal, jenis makanan yang digoreng tidaklah baik untuk tubuh. Meski gurih, gorengan menyimpan banyak lemak karena proses penggorengan yang cukup lama.

Baca Juga: Tips Aman Ngabuburit di Tempat Wisata Saat Ramadhan

Mengonsumsi banyak gorengan saat berpuasa akan berdampak pada tenggorokan yang sakit dan rasa haus yang sangat terasa di siang hari.

4. Hidangan berbahan dasar keju

Jika Anda menganggap keju merupakan makanan yang baik dikonsumsi saat puasa, Anda salah mengira. Keju rupanya dapat menyebabkan masalah pada lambung.

Mengonsumsi keju saat berpuasa juga dapat menyebabkan perut kembung. Hal ini tentu saja akan membuat Anda tidak nyaman saat menjalani puasa.

Baca Juga: Tips Hemat untuk Anak Kosan

Jadi, ada baiknnya untuk membatasi konsumsi keju saat Anda akan berpuasa.

5. Makanan pedas

Makanan pedas tentu menggoda selera, rasa dan sensasi pedas membuat pecinta makanan pedas ketagihan mengonsumsinya. Sambal dan pedas memang tak bisa lepas dari salah satu ciri makanan khas Indonesia.

Namun, sebaiknya hindari makanan pedas selama bulan puasa. Sebab, apabila berlebihan mengonsumsi makanan pedas saat puasa, dapat menimbulkan sakit perut dan membuat puasa Anda menjadi terganggu.

Baca Juga: Hindari 5 Makanan Ini Saat Sahur dan Berbuka Puasa

6. Kafein

Kopi atau minuman kafein lainnya tentu sangat nikmat dikonsumsi, terutama di pagi hari. Namun, terlalu banyak mengonsumsi kafein membuat asam lambung semakin naik.

Terlebih saat berpuasa, asam lambung yang naik bisa menyebabkan penyakit maag semakin akut. Hal ini bisa membuat puasa Anda menjadi terganggu.

Claudia