blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Pembangunan Pemerintah Kabupaten Jepara tahun 2023 nanti akan fokus pada penguatan sumber daya manusia, ekonomi dan infrastruktur untuk meningkatkan kesejahteraan warga.

blank
Sekda Edy Sujatmiko, Ketua DPRD Haizul Ma’arif dan Kepala Bappeda Jepara, Subiyanto.

Hal ini disampaikan Sekda Jepara Edy Sujatmiko saat mewakili bupati membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Jepara tahun 2023, pada Selasa (24/3/2022) di Pendapa R.A Kartini Jepara.

Menurut Edy Sujatmiko, pada tahun 2023 akan ada lima program prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan. “Pertama, peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing. Kedua, peningkatan ketahanan sosial dan pembangunan kebudayaan. Ketiga, peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pendapatan masyarakat,” ujar Edy.

BACA JUGA Kepala Disdikpora Jepara Dimutasi, Penggantinya Belum Ditunjuk

Sedangkan keempat, peningkatan cakupan prasarana dan sarana dasar serta teknologi informasi yang didukung oleh lingkungan hidup berkelanjutan; serta kelima, pengembangan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang gesit, adaptif dan kolaboratif.

“Pemkab Jepara juga melanjutkan penerapan pagu indikatif perencanaan pendekatan bottom up sebesar Rp.39 miliar. Pagu indikatif ini merupakan lanjutan komitmen untuk mengakomodasi usulan masyarakat, sehingga perencanaan pembangunan sesuai dengan kebutuhan riil di wilayah setempat,” ujar Edy.

Sementara Ketua DPRD Jepara Haizul Maarif mengatakan, perlu mengangkat isu – isu strategis dalam RKPD. “Selain itu, juga butuh evaluasi agar tidak monoton. Sedangkan anggaran harus diolah sesuai skala priorotas untuk meningkatkan target kinerja,” ujar Haizul Maarif. Bidang Ekonomi mengalami kenaikan di dua tahun terakhir. Tapi kemiskinan tidak turun tapi cenderung naik. Ini perlu pemecahan bersama, tambahnya.

Alvaros