blank
Launching Pesantren Lansia secara zoom. Foto: Ning

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Guna mengembangkan dan mendukung program pesantren khusus untuk orang-orang lanjut usia (lansia), Laznas BSMU berkolaborasi dengan IZI dalam program ‘Bantuan Program Rumah Joglo, Aula dan Asrama Pesantren Lansia Semarang, Jawa Tengah.

Kegiatan yang dilakukan secara zoom meeting ini diresmikan oleh Ilham Syahputra selaku Direktur Care Program Laznas BSMU, Rabu (9/3/2022).

Sementara itu untuk rumah joglo, aula dan asrama di Pesantren Lansia ini berlokasi di Jalan Dewi Sartika Timur XIV Blok C No.18, RT.9/RW.5, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah.

blank
Launching Pesantren Lansia di Semarang, Jawa Tengah. Foto: Ning

Program Bantuan Rumah Joglo, Aula dan Asrama di Pesantren Lansia ini merupakan bantuan program dakwah dan pembinaan mustahik dengan memberikan kepada penerima manfaat berupa bantuan 2 rumah joglo , aula dan 2 asrama bagi penerima manfaat Pesantren Lansia

Bantuan ini disalurkan dalam rangka memberikan kesempatan bagi penerima manfaat, yaitu para lansia untuk menjalankan kegiatan baik keislaman maupun yang berkaitan dengan kegiatan Pesantren Lansia seperti beribadah, belajar mengaji, memperdalam ilmu agama Islam dan lainnya.

Nana Sudiana selaku Direktur Pendayagunaan IZI menyampaikan terima kasih kepada Laznas BSMU. “Mudah-mudahan ini menjadi salah satu bagian penting dalam pembentukan sebuah ekosistem, bahwa kita semua memperhatikan orang tua (lanjut usia), agar pada saat-saat terakhir mereka memiliki kesempatan untuk terus berbuat baik dan istiqomah dalam menjaga kebaikan,” tuturnya.

Pihaknya berharap kebaikan-kebaikan yang ada itu terus berlanjut dan bisa menjadi kebaikan yang Allah SWT panjangkan hingga akhir hayat.

Sementara itu Ilham Syahputra menyatakan terima kasih kepada Inisiatif Zakat Indonesia yang telah mengajak Laznas BSMU untuk melakukan program bersama, yaitu bantuan untuk Pesantren Lansia ini.

“Kita ketahui, pesantren itu identik dengan pelajaran agama, dan rata-rata itu adalah untuk anak usia sekolah, sehingga Pesantren untuk Lansia sangat jarang ada,” ujarnya.

Ilham Syahputra juga menyampaikan agar bantuan ini bisa bermanfaat kepada para ayah, bunda, kakek, nenek, santri di pesantren ini yang ingin menambah wawasan, juga sekaligus tempat silaturahim dan beribadah.

Dwi, salah satu santri mengaku, awalnya diajak teman-temannya untuk belajar mengaji disini. “Alhamdulillah setelah 1 tahun ikut belajar mengaji, saya sekarang sudah lancar. Terima kasih Laznas BSMU dan IZI yang sudah menyediakan fasilitas untuk saya dan teman-teman, semoga segala urusan dilancarkan, dan saya makin semangat dalam belajar,” ucap Dwi.

Ning