blank
BBPJT beri pembekalan finalis duta bahasa Jawa Tengah. Foto: Dok/BBPJT (28/4/2024) 

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT) bekerja sama dengan Ikatan Duta Bahasa Jawa Tengah melaksanakan pembekalan finalis duta bahasa Jawa Tengah selama dua hari, 27-28 April 2024, di Aula Bojanaloka, BBPJT setempat.

Acara yang bertema “Aktualisasi Generasi Muda yang Kreatif dan Inovatif dalam Trigatra Bangun Bahasa” tersebut merupakan rangkaian dari tahapan pemilihan duta bahasa Provinsi Jawa Tengah 2024. Peserta terdiri atas 20 finalis duta bahasa Jawa Tengah 2024 dari berbagai kota/kabupaten di Jawa Tengah.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Syarifuddiin memberikan penguatan kepada para finalis akan pentingnya Trigatra Bangun Bahasa dalam kehidupan berbangsa dan bernegera.

Dikatakan bahwa bahasa Indonesia memiliki fungsi sebagai bahasa resmi dan bahasa persatuan bangsa Indonesia.

“Bahasa Indonesia memiliki penutur yang tersebar di berbagai belahan dunia. Pada tanggal 20 November 2023 bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa resmi konferensi umum UNESCO. Bahasa Indonesia menjadi bahasa kesepuluh UNESCO,” ujar Syarifuddin, Minggu (28/4/2024).

Syarifuddin menambahkan, bahasa Indonesia terus berkembang dari bahasa awalnya karena disumbang oleh kekayaan bahasa daerah di Indonesia. Di Indonesia sendiri terdapat 718 bahasa yang akan dipetakan lagi pada tahun 2025.

“Apabila ada makna kata yang rujukannya tidak ada dalam bahasa Indonesia maupun bahasa daerah, akan diambil dari bahasa asing. Oleh karena itu, para finalis duta bahasa harus bisa menggunakan bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing sesuai dengan konteksnya,” jelasnya.

Syarifuddin berharap krida kebahasaan yang dirancang oleh finalis duta bahasa sejalan dengan program kerja dan sasaran kegiatan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

“Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah sebagai instansi vertikal di bawah Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, memiliki arah kebijakan dalam pengembangan dan pembinaan bahasa melalui Trigratra Bangun BahasaBahasa,” ujarnya.

“Arah kebijakan tersebut diwujudkan melalui program literasi, pelindungan bahasa dan sastra daerah, serta penginternasionalan bahasa Indonesia (BIPA),” terangnya.

Kegiatan pembekalan finalis duta bahasa Jawa Tengah tersebut akan ditindaklanjuti dengan tahapan terakhir, yaitu final raya pemilihan duta bahasa Jawa Tengah 2024.

Final raya tersebut akan dilaksanakan di pelataran Borobudur pada 24—26 Mei 2024. Melalui final tersebut akan ditentukan sepasang duta bahasa Provinsi Jawa Tengah terbaik 2024 yang akan mewakili Jawa Tengah dalam pemilihan duta bahasa tingkat nasional 2024.

Ning S