blank
Penanaman pohon cemara (Foto: Tim KKN Desa Bulak Baru)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Reboisasi di sekitar pantai sangat penting untuk mengurangi terjadinya abrasi laut ke daratan. Kegiatan penanaman pohon atau disebut reboisasi di Pantai Bulak Baru oleh tim KKN XII Unisnu Desa Bulak Baru Kedung Jepara bersama para perangkat Desa Bulak Baru, Karang Taruna Tunas Muda dilaksanakan belum lama ini.

blank

Petinggi Desa Bulak Baru Purwoko menyatakan kegiatan penyelamatan pesisir dari kerusakan.“Pekerjaan lekas selesai jika dilakukan secara bersama,” ungkapnya seraya memberi semangat.

BACA JUGA Kalingga Mandiri Bangun Tempat Pengelolaan Sampah Modern

Kegiatan ini diawali dengan pengambilan bibit dan pemotongan batang pohon cemara laut yang sudah dicangkok di depan Bank Sampah “Berseri”. “Pentingnya penanaman pohon adalah untuk menjaga keseimbangan ekologis, meningkatkan mutu kualitas lingkungan dalam mengurangi efek pemanasan global dan perubahan iklim. Selanjutnya diteruskan dengan acara penanaman pohon penghijauan dari jenis pohon cemara laut dan pohon matoa pada area yang sudah disiapkan,” ujar Purwoko.

blank
Kegiatan reboisasi (Foto: Tim KKN Unisnu Bulak Baru)

Sementara, DPL Santi Andriyani, M.Pd. menyampaikan manfaat kegiatan penghijauan di Desa Bulak Baru. “Melalui kegiatan penanaman pohon di area pesisir merupakan upaya untuk menggeliatkan kembali wisata bahari yg ada di Desa Bulak Baru,” ujarnya.

Alvaros -Laili

BACA JUGA Dua Hari 259 Warga Jepara Diumumkan Positif-Covid, Dua Meninggal Dunia