blank
Peserta Pelatihan Buket Kekinian

JEPARA (SUARABARU.ID) – Saat ini Buket Kekinian menjadi tren dan peluang bisnis. Sering kita jumpai orang-orang marak memberi hadiah untuk orang terdekat. Biasanya pemberian ini untuk menyambut akhir tahun, momen ulang tahun, dan momen penting lainnya seperti seremonial kelulusan.

blank
Risa Diyan Ningrum

Dalam kesempatan ini, tim KKN Unisnu Desa Sowan Kidul 53 berkolaborasi bersama mitra PKK Desa Sowan Kidul Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara dalam kegiatan Pelatihan Buket Kekinian (3/2-2022).

BACA JUGA Habib Luthfi bin Yahya Ajak Masyarakat Jepara Dukung Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional

Ketua PKK Desa Sowan Kidul Kedung Jepara Hidayah dalam sambutannya menyampaikan harapan karya kreativitas Buket Kekinian bisa memberi manfaat bagi ibu-ibu PKK. Selain itu, dalam sambutannya Hidayah juga menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan mengingat musim penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan adanya virus Omicron varian baru Covid-19. “Tetap jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan karena musim hujan rentan nyamuk Aedes Aagypti. Selain itu virus Covid-19 varian baru Omicron masih terus mengintai,” ujarnya sekaligus membuka acara.

blank
Peserta saat mempraktekkan membuat Buket Kekinian.

Pemateri Risa Diyan Ningrum mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Unisnu memberikan pelatihan kepada 55 peserta ibu-ibu PKK Desa Sowan Kidul. Pembuatan buket, menurutnya tidak melulu bunga. “Kita juga bisa menggunakan snack, jilbab, baju, dan sebagainya sebagai hadiah buket kekinian,” ujarnya.

blank
Hasil pelatihan Buket Kekinian

Peserta dengan antusias mempraktekkan membuat buket kekinian dengan bahan sponbound dan cellophane sebagai pembungkus. Isian tergantung pemesan.”Isian bisa bebas. Pemesan bisa memberikan isian dan membayar jasa bungkus buketnya saja. Untuk snack minimal kisaran 15 ribu,” ujar Risa yang juga peserta KKN Unisnu Desa Bawu.

Menurut Risa, buket kekinian ini sudah viral dan peluangnya besar. “Peluang bisnis buket kekinian saat ini besar apalagi bagi orang-orang yang ingin memberikan hadiah untuk orang terdekat. Contohnya momen wisuda, momen ulang tahun, momen Hari Ibu, dan sebagainya,” tambahnya.

Alvaros