Kades Muslih memimpin rapat pembahasan dan perencanaan APBDes Plosorejo tahun 2022. Foto: Ist

BLORA (SUARABARU.ID) – Langkah Pemerintah Desa Plosorejo, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora ini terbilang unik, ajak seluruh elemen Desa membahas APBDes tahun 2022 sambil ngopi – ngopi.

Dalam mewujudkan transparansi penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2022, Kepala Desa Plosorejo, Muslih mengundang seluruh elemen Desa.

Elemen yang dimaksud adalah Perangkat, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Tim Penggerak PKK Desa, Karang Taruna dan Pengelola Bumdes, untuk membahas rancangan penggunaan APBDes, dengan acara ngopi bersama di salah satu tempat kuliner terdekat, Selasa, (11/1/2022).

“Apa yang kami laksanakan ini adalah implementasi dari perintah undang-undang, yaitu pembahasan rencana penggunaan APBDes kami, dengan mengundang seluruh elemen Desa, setelah sebelumnya dilakukan pertemuan RKPDes di Desa, sambil ngopi-ngopi, serius tapi santai,” ungkap Kades Muslih.

Kelola Keuangan Desa

Muslih, Kades Plosorejo, Banjarejo, Blora. Foto: Ist

Dalam pertemuan ini, Kades Muslih menekankan agar APBDes Plosorejo digunakan dengan baik, transparan dan tepat sasaran untuk membangun Desa, meskipun terjadi penurunan Dana Desa, akibat dari kebijakan pengalokasiannya yang ditentukan oleh Pemerintah Pusat untuk penanganan pandemi covid-19.

“APBDes kami sebesar Rp.1,1 miliar lebih sedikit, bila dibandingkan dengan tahun lalu, mengalami penurunan, karena pelaksanaan Perpres Nomor 104 tahun 2022, yang pengalokasiannya telah ditentukan yaitu 40% untuk BLT DD, 20% untuk anggaran ketahanan pangan, kemudian 8% untuk penanganan desa siaga Covid, sisanya untuk ADD dan proyek fisik sebesar Rp 70 juta untuk pengaspalan jalan, meskipun ini kecil kami harus tetap konsisten dan transparan untuk melaksanakannya,” jelas  Kades Muslih.